Pengalaman Sedih Shareefa Daanish Saat Dibully di Sekolah: Mereka Bilang Aku Monyet
Shareefa Daanish (Puput Puji/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Shareefa Daanish membintangi film Clandestine bersama dengan Dannia Salsibilla dan Abun Sungkar. Film yang tayang di KlikFilm mulai 18 Februari ini menggambarkan dampak negatif dari perundungan atau bullying di sekolah.

"Saya jadi guru dimana Dannia dan Abun jadi muridnya. Ceritanya tentang perundungan di sekolah," ujar Shareefa ditemui di Falcon Pictures, Jalan Duren Tiga, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin, 14 Februari.

Ternyata kisah perundungan ini pernah dialami oleh Shareefa saat sekolah. Bahkan perundungan itu membuatnya menjadi minder dan tidak percaya diri.

"Dulu kan belum ada ya istilah bully. Tapi aku sering diejek sama teman-temanku. Karena wajahku tidak seperti wajah kebanyakan, dan kulitku gelap jadi aku sering dibilang jelek, bahkan mereka bilang aku mirip monyet," ujarnya.

Shareefa menyadari hal itu karena presepsi cantik bagi wanita masih diidentikkan dengan kulit putih. Tentang wajahnya yang unik, Shareefa sempat merasa sedih dan tak percaya diri.

"Aku jadi minder dan bertanya-tanya mengapa wajahku berbeda. Ini berlangsung lama dan membuat hati sedih," paparnya.

Beruntung, keputusan Shareefa Daanish untuk mendalami modeling memberi jawaban atas perundungan itu. "Pas jadi model malah dipilih karena wajahku yang unik. Dari situ aku baru merasa tampil beda itu ternyata ada keuntungannya sehingga kepercayaan diriku kembali," katanya.

Film Clandestine, menurutnya, penting untuk ditonton karena bisa menjadi ruang untuk instrukpeksi. "Bully itu dampaknya sangat besar. Kalau nggak bisa diatasi bisa membuat orang tak percaya diri," tegas Shareefa Daanish.