<i>Dear</i> Doddy Sudrajat, Kata Gus Miftah: Kasihan Jika Makam Vanessa Angel Dipindah, Aib Bisa Terbuka
Makam Vanessa Angel dan Bibi (Foto: Risky Sulistio/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Doddy Sudrajat sebagai ayah Vanessa Angel ingin memindahkan makam Vanessa Angel agar bisa menyatu dengan makam ibundanya. Namun, banyak pihak berharap hal itu tidak dilakukan. Bukan cuma dari keluarga Bibi Andriansyah, tetapi warganet juga berharap makam tersebut tidak dipindahkan.

Gus Miftah juga menjelaskan bahwa memindahkan makam haram hukumnya. "Empat imam mazhab itu hampir semuanya mengharamkan (pemindahan makam). Ada hadits yang menyatakan 'siapa yang mematahkan tulang mayit itu sama mematahkan tulangnya ketika dia masih hidup'," ujar Gus Miftah dikutip dari Kanal YouTube Sambel Lalap, Jumat, 11 Februari.

Secara syariat Islam, makam bisa dipindah jika ada alasan kemaslahatan jenazah, persoalan tanah, dan kemaslahatan umat.

"Menurut saya, makam tidak usah dipindahkan. Kecuali dengan alasan syari. Haram hukumnya," ucapnya.

"Memang ada beberapa pendapat untuk memindahkan jenazah untuk kemaslahatan jenazah. Belum lagi untuk administrasi hukum negara, itu juga pasti akan ribet. Kalau nggak ada alasan itu ya sudahlah, nggak usahlah," katanya.

Gus Miftah mengaku kasihan dengan almarhumah Vanessa Angel jika makamnya dipindahkan. "Kasihan sama almarhum. Kenapa? Karena membongkar mayit bisa melanggar kehormatannya bahkan bisa jadi memperlihatkan aib si almarhum. Untuk apa membongkar aibnya yang sudah meninggal? Apalagi indikasi yang membuka aib itu justru keluarga dan ahli warisnya," ujarnya.

Bahkan Gus Miftah memeberikan contoh makam Nabi Muhammad di Nabawi dan Siti Aisyah yang berbeda tempat pun tidak dipindahkan untuk disatukan. Karena itu, Gus Miftah mengajak pihak Doddy Sudrajat untuk mendoakan almarhuman Vanessa Angel.

"Saya pikir ya sudahlah kita doakan saja Allah menutupi aibnya, mengampuni dosanya, tanpa harus dibongkar-bongkar. Saya pikir almarhum sudah tenang kok di sana," pungkasnya.