Cerita Pilu di Balik Kesuksesan Film Kukira Kau Rumah Sukses, Penulis Lagu Alami Kekerasan dalam Pacaran
Penulis Lagu Kukira Kau Rumah (Foto: IG @ayacanina)

Bagikan:

JAKARTA - Film Kukira Kau Rumah berhasil meraih kesuksesan dengan menorehkan lebih dari satu penonton dalam 5 hari penayangannya di bioskop. Film tersebut merupakan adaptasi dari lirik lagu Amigdala karya Aya Canina. Aya adalah vokalis grup band Amigdala yang kini sudah keluar dari kelompok musiknya tersebut sejak 16 Februari 2021.

Aya dikabarkan hengkang dari bandnya karena mengalami tindakan kekerasan oleh kekasihnya yang juga personel dari Amigdala. Kabar ini semakin heboh setelah diunggah ulang oleh Fiersa Besari lewat akun Twitternya @FiersaBesari.
 
 
"Ya. Saya keluar dari Amigdala karena saya mengalami kekerasan dalam pacaran selama rentang waktu 3.5 tahun itu. Dan itu sangat memengaruhi kondisi mental saya. Siapa pacar saya waktu itu? Vocal 2 sekaligus Lead Gitar. Orang yang selalu bernyanyi bersama saya." tulis Aya Canina lewat Instastoriesnya. 
 
Tulisan itu lantas diunggah ulang Fiersa Bersari di Twitter dan menjadi viral. "Instagram story Aya Canina (eks vokalis Amigdala) malam ini. Melelahkan, menyakitkan," tulis Fiersa. 
 
Di sisi lain, Aya mencoba menjelaskan kalau lirik lagu Kukira Kau Rumah ditulis pada tahun 2016 sebagai puisi, jauh sebelum Amigdala terbentuk.
 
"Sebagai puisi dengan hanya satu bait, begini bunyi mulanya: Kukira kau rumah ternyata kau cuma kusewa dan tubuh seorang perempuan yang memintamu pulang," tulis Aya Canina di akun Instagramnya @ayacanina pada Rabu, 9 Februari.
 
Tidak ingin kabar tindak kekerasan yang dialami Aya dikaitkan dengan filmnya, Umay Shahab, selaku sutradara film Kukira Kau Rumah membalas kicauan Fiersa. "Sedikit menambahkan bung agar tidak ada misinformasi terhadap karya saya, bahwa Film Kukira Kau Rumah sama sekali TIDAK ADA KAITANNYA terhadap apa yang terjadi. terima kasih sebelumnya," tulis Umay Shahab melalui Twitter @umayshhhhb.
 
Film Kukira Kau Rumah cuma mengambil secuplik lirik yang kemudian menjadi cerita film. "Ada lirik 'dari kisah seorang perempuan yang mengajakmu untuk pulang'. Lirik itu kemudian diadaptasi menjadi naskah film dengan cerita lain," ujar Umay kepada VOI beberapa waktu lalu. 
 

 
Cerita penulis dalam Instagram sejalan dengan isu kesehatana mental yang diangkat di film Kukira Kau Rumah. Trauma dan rasa takut membuat Aya sulit bercerita.
 
Sementara Kukira Kau Rumah mengisahkan kesehatan mental pengicap bipora. Film ini sudah berhasil mengumpulkan 1.193.436 penonton dalam enam hari penayangan di bioskop.