Sejauh Apa Keterlibatan Kirk Hammet dalam Album Debut Fenomenal Exodus, <i>Bonded By Blood</i>? Ini Kata Gary Holt
Kirk Hammet (Instagram @kirkhammet / @photosbyjeffyeager)

Bagikan:

JAKARTA - Gitaris Exodus, Gary Holt mengungkap soal ada tidaknya keterlibatan Kirk Hammett dalam proses penulisan lagu pada album debut raksasa thrash metal asal Amerika Serikat ini, Bonded By Blood yang dirilis pada 1985.

Hammet, yang telah menjadi anggota Metallica selama 39 tahun terakhir, adalah gitaris orisinal Exodus. Holt bercerita tentang mantan tandemnya tersebut dalam "Put Up Your Dukes", podcast yang dibawakan oleh mantan vokalis Exodus, Rob Dukes.

"Ada riff yang saya tulis ketika Kirk masih di band, dan dia mencoba mengadaptasinya, mencoba mengubahnya sedikit - yang lama, 'Saya mengubahnya sedikit. Saya adalah rekan penulis. pada riff ini,'" kenang Holt.

"Dan itu, seperti, dua riff,  saya rasa. Dan sisanya ditulis setelah dia pergi. Kami tidak pernah menggunakan riff Kirk Hammett, sampai (album) Tempo Of The Damned (2004) ketika kami merekam (lagu awal Exodus) Impaler."

Holt melanjutkan, dua lagu pertama Exodus rampung setelah Hammet hijrah ke Metallica. Lagu tersebut adalah Strike Of The Beast dan No Love.

"Bakat terbesar yang saya miliki, jika Anda ingin menyebutnya sebagai bakat, adalah memori. Saya bisa mengingat semuanya. Saya ingat pernah menunjukkan kepadanya... Saya bisa membayangkannya sebagai film, menunjukkan Kirk riff Strike Of The Beast, dan saya bisa membayangkannya seolah-olah saya sedang menontonnya di film."

Line-up orisinal Exodus terdiri dari gitaris Hammett dan Tim Agnello, drumer Tom Hunting dan vokalis Keith Stewart. Holt bergabung dengan band pada 1981, sementara Kirk pergi dua tahun sebelum Bonded By Blood dirilis.

Meskipun Exodus jarang disebutkan di samping "Big Four" thrash metal 1980-an — Metallica, Megadeth, Slayer dan Anthrax - album Bonded By Blood menginspirasi band-band seperti Testament, Death Angel, Vio-lence dan banyak lainnya.

Bonded By Blood dianggap sebagai salah satu album thrash metal paling berpengaruh sepanjang masa.

Di luar album debut fenomenal itu, Hammet mengakui pada 2018 bahwa lagu-lagu Metallica seperti Creeping Death dan Trapped Under Ice terinspirasi dua nomor lain milik Exodus, yakni Die By His Hand dan Impaler.