Bisa Mencerahkan, Begini Cara Kerja dan Manfaat Zinc bagi Kecantikan Kulit
Ilustrasi Zinc (Trang Doan/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Zinc merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh yang membantu sistem kekebalan berfungsi dengan baik. Zinc memainkan peran penting dalam memerangi dan mengendalikan peradangan. Selain itu, mineral ini juga membantu kulit menjalankan fungsi seperti perbaikan luka, sintesis kolagen, dan perlindungan UV. Karena tubuh tidak memproduksi zinc sendiri, penting untuk mengonsumsi makanan maupun suplemen tambahan dengan kandungan zinc. Menurut penelitian, hampir dua miliar orang di seluruh dunia mengalami kekurangan zinc.

Photo by Foodie Factor from Pexels

"Oksida zinc melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV," kata Alexis Stephens, DO, konsultan dermatologis untuk Urban Skin Rx, melansir Health, Jumat, 7 Januari. Itu sebabnya zinc terkenal karena perannya dalam produk tabir surya dan pelembab bibir. Zinc menciptakan penghalau yang menghalangi matahari dan membelokkan sinarnya, sehingga mencegah sinar matahari menembus permukaan kulit.

Karena efek anti-peradangannya, zinc juga sangat baik digunakan secara topikal maupun oral bagi pemilik kulit berjerawat maupun yang ingin menghindari penuaan kulit. Para ahli dermatologi membanggakan zinc karena kemampuannya dalam mengurangi noda hitam dan menghilangkan kemerahan pada wajah. Dan zinc mampu mempertahankan jumlah kolagen dalam tubuh sehingga memperlambat timbulnya garis halus dan kerutan di wajah.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan zinc dalam makanan?

Diet kaya seng 

Tricia Pingel, NMD, dokter naturopati di Arizona merekomendasikan untuk fokus pada sumber nabati seperti asparagus, buncis, dan kacang-kacangan dan biji-bijian.

Penggunaan tabir surya tinggi SPF

Anda juga bisa mendapat manfaat zinc dari penggunaan tabir surya. Selain melindungi kulit dari sinar matahari, tabir surya juga dikenal bagus dalam menghilangkan noda hitam dan garis halus di kulit.

Perawatan jerawat

Pingel mengutip tinjauan studi tahun 2014 yang menemukan bahwa produk zinc topikal efektif dalam mengobati jerawat ringan hingga sedang, sedangkan zinc sulfat dan glukonat oral berguna dalam mengobati jerawat sedang hingga parah.

Serum dan krim anti penuaan

Zinc sangat penting untuk membangun kolagen, protein yang membantu menjaga kulit Anda tetap kencang dan terlihat muda.