5 Jenis Mineral yang Wajib Dikonsumsi Anak di Masa Pertumbuhan
Makanan Mengandung Mineral (Taryn Elliot/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Di masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan cukup nutrisi. Selain makronutrien yakni karbohidrat, protein, dan lemak, anak-anak juga memerlukan beragam mineral untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Mineral dalam tubuh berfungsi untuk membentuk dan menjaga organ-organ seperti hati, jantung, serta bagian tubuh lain, seperti tulang dan gigi. Anda harus memastikan bahwa makanan yang Anda berikan pada anak sudah memenuhi lima mineral penting ini.

Kalsium

Mineral ini dikenal sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Selain itu, kalsium juga berfungsi untuk mengontrol kontraksi otot, membantu jantung melakukan pergerakan dengan baik, serta memperbaiki kinerja saraf. Anak usia 1-3 tahun, idealnya harus mengonsumsi kalsium sebanyak 650 mg per hari

Bisa didapat dari mana? Anda bisa mendapatkan kandungan mineral ini dari susu, keju, yogurt, tofu, atau tahu dan tempe. Banyak yang mengira bahwa kalsium hanya bisa didapat dari olahan susu dan kacang-kacangan saja, padahal ada beberapa sayur yang tinggi kalsium seperti brokoli.

Zat Besi

Peran utama mineral ini adalah membentuk sel darah merah dalam tubuh. Di samping itu, zat besi juga mengontrol cadangan oksigen pada otot sehingga dapat bekerja dengan baik, serta dapat meningkatkan ingatan serta kecerdasan anak.

Magnesium

Mineral ini berfungsi untuk memperlancar metabolisme anak, sebagai sumber energi, dan menjaga keseimbangan sistem saraf. Anak-anak usia 1-3 tahun membutuhkan kurang lebih 80 mg magnesium per hari.

Anda bisa mendapatkan magnesium dari kacang-kacangan atau biji-bijian dan sayuran hijau gelap. Anda bisa memilih bayam, kacang almond, kacang merah, atau roti gandum.

Potasium

Mineral ini dapat membantu memelihara kesehatan tulang serta menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh sehingga anak-anak tidak mengalami dehidrasi. Anak-anak usia 1-3 tahun membutuhkan 3000 mg potasium per hari.

Potasium dapat ditemukan pada buah-buahan seperti pisang, alpukat, apel, semangka, kacang-kacangan, kentang, ikan, daging, dan sayuran hijau.

Zinc

Mineral ini hanya sedikit dibutuhkan oleh tubuh, namun sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati Anda. Zinc memiliki fungsi untuk membentuk hampir 300 jenis enzim dalam tubuh yang berperan untuk mengontrol karbohidrat, protein dan lemak, serta gizi mikro lainnya.