3 Fakta Toleransi Beragama Keluarga Inul Daratista yang Terkuak Setelah Mertua Meninggal Dunia
Inul Daratista (Foto: IG @Inul.d)

Bagikan:

JAKARTA - Toleransi beragama merupakan salah satu hal yang patut dibanggakan di Indonesia. Bahakan dalam keluarga, perbedaan agama tidak menjadikan perpecahan. Hal yang paling nyata terlihat dari penyanyi dangdut, Inul Daratista.

Awalnya, Adam Suseno, suami Inul yang mengungkapkan tentang perpindahan agamanya demi menikah dengan Ratu Goyang Ngebor. Inul dan Adam mengakui bahwa hubungan keduanya tak semulus yang terlihat di media. Berbagai cobaan telah berhasil Inul dan Adam lewati bersama-sama.

Inul dan Adama awalnya galau akan perbedaan agama yang menghalang. Terlebih diketahui keduanya berasal dari keluarga yang sama-sama memegang teguh agama. Keduanya bahkan sempat dihalang oleh restu kedua orangtua.

Adam memilih untuk berpindah keyakinan mengikuti kekasihnya. Inul dan Adam pun menikah pada 29 Mei 1995 silam. Itu untuk bersegera mempelajari agamanya.

“Setelah menikah, aku rasa mas Adam masih galau masih belum melakukan rukun Islam, cuma saya juga tidak memaksa karena dalam agama saya tidak pernah memaksa orang untuk masuk agama saya,” ujar Inul dikutip dari kanal Youtube GTV beberapa waktu lalu.

“Tapi setelah menikah kurang lebih sekitar tiga tahun tahu-tahu aku ini kok kepingin bisa sholat, nah dari situ aku pelajari, setelah itu beberapa saat udah 5 waktu,” imbuh Adam.

Kedua, saat Inul mengungkapkan rasa duka karena kehilangan mama mertua, Inul menunjukkan besarnya toleransi beragama di keluarga besarnya. 2 Desember lalu, Inul menunjukkan dirinya mendampingi Sang Suami duduk di dekat peti jenazah sang bunda. Jenazah mertua Inul Daratista sudah didandani di dalam peti jenazah.

"Tuhan kasih surga buat mama, istirahat sing enak yo Ma. Inul sayang mama," tulis Inul Daratista.

Ketiga, usai pemakaman, Inul menuliskan pesan toleransi yang diajarkan oleh ibunda Adam Suseno tersebut. "Pesan mama mertua… Meskipun kita dlm 1 kelg beda keyakinan mertua sy selalu bilang… Apapun agamamu, jgn pernah meninggalkan ibadahnya. Apapun keyakinanmu… TAKUTlah sama TUHAN," tulis Inul.

Inul menegaskan bahwa perbedaan agama tak membuat keluarganya goyang. Mereka memiliki toleransi yang kuat.

"Karena jika kita baik TUHAN akan jauh lebih baik sama kita. Semua perbedaan akan jd indah jika kita punya hati yg baik. I lov u mama,tenang dan senang ketemu papa ,di surga," tutup Inul Daratista.