Dian Sastrowardoyo Nyaman Menjadi Ibu Rumah Tangga, Ini Alasannya
Dian Sastro (Foto: IG @therealdiansastro)

Bagikan:

JAKARTA - Dian Sastrowardoyo menikmati peran sebagai ibu untuk mengajari anak peduli lingkungan dengan melakukan hal-hal sederhana seperti bertanam, hingga memilah sampah dan penggunaan pakaian yang ramah lingkungan. Dian mengaku

"Ibu adalah sosok guru di keluarga. Jadi, kalau kita bicara edukasi, kita juga bicara bahwa itu dimulai dari keluarga. Isu lingkungan hidup benar-benar dijadikan hal yang penting untuk diangkat," kata Dian dikutip dari ANTARA, Jumat, 26 November.

"Selain itu, kita sekarang rasanya sudah terpisah banget sama alam. Jadi, aku merasa untuk bisa punya impact kita harus memulai, dan bisa dari keluarga dulu," ujarnya menambahkan.

Dian mengaku sebelumnya sangat jauh dengan isu ini. Ia mengatakan hatinya banyak tergerak setelah menonton ragam film dokumenter yang menurutnya mampu meningkatkan kesadaran (awareness) secara luas.

"Menurut saya untuk meningkatkan awareness dan kepekaan kolektif, kita perlu pelan-pelan memulai misalnya dari lifestyle, fesyen, hingga lifestyle menonton film di bioskop. Edukasi bukan hanya terjadi di sekolah, tapi juga terjadi di dalam lifestyle kita sehari-hari," kata Dian.

Saat ditanya seperti apa peran sineas dalam menyuarakan isu lingkungan, pemeran film pendek "Laut Bercerita" (2017) itu mengatakan, para pembuat film bisa memulai dari kesadaran bahwa film yang mereka produksi memiliki fungsi edukasi, termasuk untuk isu lingkungan hidup.

"Karena masih sedikit masyarakat yang peka dengan gentingnya isu lingkungan ini dan kayaknya tugas kita sebagai sineas juga untuk meningkatkan awareness masyarakat lewat film-film dan cerita-cerita yang kita produksi," kata Dian.

"Kalau misalnya mbak Gita (Fara, produser) dan mas Arfan (Sabran, sutradara) membuat film dokumenter tentang pejuang hutan adat, kalau misalnya saya yang (terlibat di) film fiksi, mungkin bisa memilih project-project yang tetap mengangkat isu lingkungan," ujar Dian Sastrowardoyo menambahkan.