Liburan, Kate Middleton dan Pangeran William Dikritik Warga Inggris
Kate Middleton (Foto: IG @@DukeandDuchessofCambridge)

Bagikan:

JAKARTA - Agenda liburan Kate Middleton dan Pangeran William jadi sasaran kritik warga Inggris. Bersama ketiga buah hati mereka, Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis untuk bersiap terbang melalui bandara Bandara Heathrow di masa liburan sekolah.

Seorang komentator kerajaan Daniela Elser menyebut langkah itu dirasa kurang tepat. "Seluruh Inggris tampaknya yakin bahwa mereka berhak untuk menikmati liburan tahunan. Tapi waktu liburan yang tidak tepat," tulis Daniela Elser di New Zealand Herald, dilansir dari Express, Selasa, 2 November 2021.

Mengapa langkah itu dinilai tidak tepat? "Pertama-tama, ada masalah perubahan iklim," tambahnya.

Pakar kerajaan merujuk pada inisiatif Earthshot Prize Pangeran William baru-baru ini. Acara ini bertujuan untuk memberi penghargaan kepada mereka yang telah membuat "kontribusi signifikan terhadap lingkungan".

Kritik tersebut mengacu pada skema sebagai "Eco Oscars". Elser menjelaskan peserta didorong untuk tidak terbang ke acara tersebut.

"Kurang dari dua minggu yang lalu William meluncurkan Earthshot Prize, mengeluarkan 9,1 juta dolar AS pertama dari 91,5 juta dolar AS yang akan diberikan selama 10 tahun ke depan untuk mendukung solusi dunia nyata untuk mengatasi krisis iklim," jelasnya.

Ia mengklaim waktu perjalanan itu dirasa kurang tepat. Mengingat, Inggris menjadi tuan rumah KTT iklim COP26. Duke dan Duchess dipastikan siap turut serta.

"Menikmati liburan menghabiskan bahan bakar pesawat seminggu sebelum acara membuat waktu waktunya kian salah," tambahnya.

Kate Middleton dan Pangeran William menghadiri Earthshot Prize Awards pada 17 Oktober 2021. Pangeran William mengumumkan Penghargaan Earthshot perdana tahun lalu sebagai upaya konservasi sebagai "hadiah lingkungan global bergengsi dalam sejarah."

Dilansir dari Harper's Bazaar, 18 Oktober 2021, hadiah global ini akan berlangsung 10 tahun ke depan setiap tahun. Acara ini bakal memberikan hadiah senilai satu juta Pound sterling (Rp19 miliar) kepada para ilmuwan, aktivis, dan organisasi di seluruh dunia yang bekerja pada solusi untuk masalah lingkungan terbesar di dunia.

Pangeran William juga telah mengerjakan beberapa proyek yang mendukung inisiatif tersebut. Tak terkecuali seri dokumenter lima bagian dan pengantar buku Earthshot: How to Heal Our Planet.