JAKARTA - Bukan hanya menjadi bagian dari musik pop, genre K-pop kini bisa berdiri sendiri dan terus mendunia. Hal ini terbukti dengan penambahan genre K-pop dalam penghargaan musik internasional seperti Billboard.
Tidak hanya itu, sederet musik K-pop juga semakin global dengan berkembangnya jumlah penggemar dan grup yang debut. Genre ini sukses mendominasi video yang paling banyak ditonton di YouTube sepanjang tahun.
Nama-nama seperti Jisoo dari BLACKPINK, Jungkook, SEVENTEEN, atau IVE mungkin sudah tidak asing. Lagu-lagu yang mereka rilis sukses merajai tangga musik lokal maupun internasional.
Di sisi lain, beberapa nama baru menjadi kejutan masuk ke dalam daftar 10 video musik K-pop yang paling banyak ditonton di tahun 2023. Simak daftar lengkapnya di bawah ini:
10. Taeyang feat. Jimin - VIBE
Lagu VIBE bisa disebut sebagai kembalinya Taeyang ke dunia musik setelah berpindah label ke THEBLACKLABEL. Ia menghadirkan Jimin dari BTS dalam lagu R&B yang catchy dan diluncurkan pada 13 Januari lalu. Video musiknya yang menampilkan koreografi keduanya menghasilkan 133 juta.
9. BABYMONSTER - BATTER UP
Debut BABYMONSTER yang sangat dinantikan terwujud dalam lagu BATTER UP. Meski mengalami penundaan, nampaknya lagu BATTER UP disambut positif oleh masyarakat. Baru dirilis sebulan, video musiknya sudah disaksikan 143 juta.
8. NewJeans - Super Shy
NewJeans menghadirkan berbagai konsep dalam comeback mereka, termasuk menampilkan lini cerita dan koreografi lewat Super Shy pada 7 Juli. Video musiknya sudah ditonton 140 juta views.
7. FIFTY FIFTY - Cupid
Lagu yang melambungkan nama FIFTY FIFTY, Cupid menjadi viral dari berbagai aspek termasuk video musiknya. Videonya sudah ditonton 157 juta views sejak dirilis pada 23 Februari namun bisa dibilang ini adalah video terakhir yang menampilkan keempat member FIFTY FIFTY secara utuh.
6. Stray Kids - S.Class
Koreografi yang tajam serta pengarahan kamera yang seamless selalu menjadi andalan Stray Kids dalam mempresentasikan musik mereka. Video S-Class dari Stray Kids yang dirilis 2 Juni lalu mengantongi 164 juta views dan akan terus bertambah.
5. SEVENTEEN - SUPER
Tahun ini, tahunnya SEVENTEEN. Deretan lagu mereka sukses diterima publik, begitu juga dengan SUPER yang mempertontonkan visual dan tari dari 13 member. Video ini sudah ditonton hingga 165 juta views.
4. IVE - I AM
Yujin cs kembali memperoleh peringkat atas berkat musik mereka. Video musik I AM yang menggabungkan konsep catwalk menarik perhatian terutama dengan viralnya adegan Wonyoung yang terjun dari pesawat. Dirilis sejak 10 April, video musik I AM sudah disaksikan lebih dari 197 juta views.
3. (G)I-DLE - Queencard
Layaknya ratu, (G)I-DLE merajai tangga musik dengan Queencard. Video musik mereka yang memparodikan film The White Chicks sukses menyentil image sang Queencard. Liriknya dengan hook yang berkesan membuat video musiknya ditonton 283 juta views.
2. Jungkook feat. Latto - Seven
Lagu Seven yang menjadi pra-rilis Jungkook juga mendapat respons positif. Video musik yang menampilkan aktris Han So Hee itu dilengkapi dengan konsep cerita yang unik dan menggelitik. Tak butuh lama, Video musiknya sudah ditonton higga 312 juta views.
1. JISOO - FLOWER
Jisoo menjadi member BLACKPINK terakhir yang melakukan debut solo dengan FLOWER. Diluncurkan 31 Maret, video ini menampilkan vokal Jisoo dengan video musik didominasi warna merah. Sayangnya, lagu ini juga menjadi proyek solo terakhir Jisoo dengan YG Entertainment setelah tidak memperpanjang kontraknya. Dengan kelompok penggemar yang masif, video Flower sudah disaksikan 446 juta views dan menjadi video musik K-pop yang paling banyak ditonton di tahun ini.
VOIR éGALEMENT:
The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)