JAKARTA - Gelandang Casemiro bakal hengkang dari Manchester United. Rumor itu muncul setelah Galatasaray mengincar Casemiro yang melakukan blunder yang berujung kekalahan memalukan 3-0 lawan Liverpool.

Casemiro dua kali melakukan blunder fatal yang menjadikan Luis Diaz mencetak brace di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu, 1 September 2024 malan WIB.

Dan, dua gol itu yang meruntuhkan moral pemain MU. Mereka tak pernah mampu bangkit dan akhirnya Mohamed Salah menghukum pasukan Erik ten Hag yang menjadikan Liverpool menang 3-0 dalam laga bergengsi, North West Derby.

Derby yang bukan satu kota tetapi berbalut emosi dan gengsi tinggi mengingat rivalitas panjang kedua tim. Persaingan yang tidak hanya tersaji selama 90 menit pertandingan tetapi juga menyangkut sosial ekonomi penduduk dari dua kota itu.

Di laga itu, Casemiro berduet dengan Kobbie Mainoo, bintang masa depan MU. Hanya performa buruk gelandang timnas Brasil ini membuat dia ditarik keluar. Ironisnya, dia digantikan pemain dari akademi, Toby Collyer.

Penampilan mengecewakan Casemiro pun memunculkan rumor bila dirinya bakal dijual klub. Apalagi sebagai pemain dengan gaji paling tinggi, yaitu sebesar 375 ribu poundsterling atau sekira 7,6 miliar rupiah setiap pekan, dirinya gagal memberi kontribusi penting bagi The Red Devils.

Selama tiga laga pertama di kompetisi domestik, MU sudah dua kali menelan kekalahan dan hanya sekali menang lawan Fulham. Tim sempat kesulitan mencetak gol sebelum akhirnya hanya menang tipis 1-0.

Musim lalu, dia juga gagal menunjukkan konsistensi penampilan. Gelandang berusia 32 yang didatangkan dari Real Madrid pada 2022 ini menjadi salah satu pemain dengan performa terburuk saat MU menutup kompetisi di urutan delapan atau terendah sejak Premier League digulirkan.

Hanya saja, MU bisa meraih Piala FA dengan mengalahkan Manchester City 2-1. Sementara, Casemiro absen di laga final. Mainoo yang menjadi bintang setelah tampil cemerlang di posisi central midfielder dan bahkan mencetak gol yang menentukan kemenangan MU.

Casemiro tampil bagus dalam debutnya di Liga Premier. Saat dibeli dengan harga 60 juta euro, dia langsung menjadi pilar kekuatan MU yang diantarnya memenangi Carabao Cup dan finis di peringkat tiga Liga Inggris.

Namun pada musim-musim selanjutnya, Casemiro melempem. Buntutnya, manajer Erik ten Hag harus mencari gelandang anyar untuk mendampingi Mainoo. Beruntung, MU akhirnya menggaet Manuel Ugarte dari Paris Saint-Germain.

Hanya saja perekrutan ini sedikit terlambat karena Ugarte masih belum fit saat kompetisi bergulir. Dia pun terpaksa absen di derby tersebut.

Casemiro sendiri sudah diincar klub Arab Saudi. Selain itu, Galatasaray berniat memboyong Casemiro yang kontraknya di MU masih dua tahun lagi. Namun, klub elite Turki itu sebatas meminjam Casemiro selama satu musim. Saat itu, Liga Pro Aab Saudi dan Turki yang masih membuka jendela transfer pemain.

Persoalannya, Casemiro tak berniat meninggalkan MU. Dia menyatakan ingin fokus dan berusaha merebut kembali posisinya di tim.

Ten Hag memang belum merencanakan melepas Casemiro. Sang manajer tetap memberi dukungan terhadap pemainnya meski melakukan blunder di laga penting.

"Dia sangat menguasai permainan dan membaca pertandingan dengan sanagat baik. Dia bakal bangkit. Kami pu bakal bangkit. Kami bakal memperbaiki performa tim dan pemain," ucap Ten Hag seperti dikutip Mirror.

"Dia [Casemiro] pun kian berkembang. Dia menunjukkan karakter yang bagus. Kami bakal menyaksikan dia menjadi figur menentukan di sektor tengah," kata dia lagi.

Casemiro sendiri sudah bermain 87 kali di MU. Menempati gelandang bertahan, dia cukup produktif dengan mengemas 12 gol.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)