JAKARTA - Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan kepada Pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky, pemerintahnya akan mengirimkan kendaraan tempur lapis baja ringan AMX-10 RC untuk membantu dalam perang melawan Rusia, kata seorang pejabat Prancis pada hari Rabu setelah panggilan telepon di antara mereka.

"Ini adalah pertama kalinya kendaraan lapis baja buatan Barat dikirimkan untuk mendukung tentara Ukraina," kata pejabat itu, melansir Reuters 5 Januari.

Berbicara kepada wartawan, pejabat itu tidak memberikan rincian tentang volume atau waktu pengiriman yang direncanakan, tetapi mengatakan pembicaraan akan berlanjut mengenai potensi pengiriman jenis kendaraan lain.

Presiden Zelensky berterima kasih kepada Presiden Macron atas pengumuman tersebut, mengatakan itu menunjukkan perlunya pihak lain untuk menyediakan senjata yang lebih berat.

"Ini adalah sesuatu yang mengirimkan sinyal yang jelas ke semua mitra kami, tidak ada alasan rasional mengapa Ukraina belum dipasok dengan tank Barat," ujar Presiden Zelensky dalam sebuah pidato video.

"Kita harus mengakhiri agresi Rusia tahun ini," katanya, seraya menambahkan bahwa "kendaraan lapis baja Barat modern dan tank tipe Barat" adalah aset utama yang dibutuhkan Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di Telegram, Presiden Zelensky mengatakan kedua pemimpin telah "menyetujui kerja sama lebih lanjut untuk memperkuat pertahanan udara, serta kemampuan pertahanan lainnya secara signifikan". Tapi, dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Prancis tahun lalu memasok beberapa howitzer Caesar ke Ukraina. Presiden Macron Oktober lalu juga mengatakan Paris akan menyediakan senjata pertahanan udara, saat Rusia mengintensifkan serangan rudal pada infrastruktur kritis.

Diketahui, AMX-10 buatan Prancis adalah kendaraan pengintai bersenjata dengan mobilitas tinggi, yang membawa empat orang, menurut situs web Kementerian Angkatan Bersenjata Prancis.

Sementara, Presiden Zelensky telah berulang kali meminta sekutu Barat untuk memberikan kendaraan tempur yang lebih berat, seperti tank Leopard buatan Jerman.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)