Jokowi Apresiasi Kepala Daerah Gelar Otonomi Expo: Bisa Gerakan Ekonomi, Tapi Ingat Kesehatan Nomor Satu!
Presiden Joko Widodo ketika memberikan sambutan saat membuka Apkasi Otonomi Expo 2021 (Foto: Tangkap layar Youtube Apkasi)

Bagikan:

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasinya kepada Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang berinisiatif menggelar Otonomi Expo 2021. Menurut Presiden, langkah tersebut dapat menjadi upaya nyata dalam mendukung pemulihan di masa pandemi saat ini.

“Pertama-tama saya mengapresiasi Apkasi yang mempunyai keinginan untuk segera menggerakan perekonomian di daerah, antara lain lewat penyelenggaraan expo ini,” ujar Jokowi ketika memberikan pidato dalam pembukaan Apkasi Otonomi Expo 2021 yang disiarkan secara virtual, Rabu 20 Oktober.

Presiden juga melontarkan pujiannya terhadap fokus daerah yang mendorong tiga sektor prioritas sebagai pengungkit aktivitas ekonomi strategis.

Saya setuju (untuk mengoptimalkan) perdagangan, pariwisata, dan investasi yang harus mulai digerakan, jangan terlambat,” tuturnya.

Meski demikian, Kepala Negara berpesan untuk tetap mengutamakan aspek keselamatan masyarakat saat memacu kembali geliat ekonomi di situasi pandemi saat ini.

“Tapi dengan catatan, kesehatan tetap nomor satu. Perekonomian perlu diaktifkan dengan tetap waspada terhadap masalah kesehatan, disiplin protokol kesehatan dan juga vaksinasi yang harus cepat dilanjutkan,” tegas Jokowi.

Sebagai informasi, Apkasi Otonomi Expo (AOE 2021) merupakan implementasi salah satu tugas organisasi dalam memfasilitasi kegiatan promosi komoditi, investasi dan pariwisata. Forum ini menjadi wadah ideal bagi anggota Apkasi yang meliputi 416 pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Kegiatan pameran ini sebenarnya merupakan agenda tahunan. Akan tetap, dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 pada 2020, perhelatan tahun lalu terpaksa ditiadakan.

Adapun, untuk tahun ini kegiatan digelar dengan menerapkan prosedur serta protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan dari pemerintah pusat. AOE 2021 sendiri akan berlangsung selamat tiga hari, mulia 20-22 Oktober 2021 bertempat di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta.