Presiden Jokowi Kasih Informasi ini yang Bikin Para Bupati Senang
Foto: BPMI Setpres

Bagikan:

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato resmi di hadapan para kepala daerah yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia atau Apkasi.

Dalam pernyataannya, Presiden blak-blakan menyebut jika sejumlah daerah kini sedang ‘ketiban durian runtuh’ atas naiknya harga berbagai komoditas. Situasi ini disebut Presiden merupakan keuntungan bagi daerah penghasil komoditas unggulan karena terjadi apresiasi terhadap harga jual di pasaran.

“Kita diuntungkan karena harga komoditas naik. Saya kira yang memiliki kelapa sawit, yang memiliki batu bara senang semuanya. Atau juga yang memiliki nikel, tembaga semuanya senang,” ujar dia melalui saluran virtual saat membuka Apkasi Otonomi Expo 2021 di Istana Bogor, Rabu, 20 Oktober.

Menurut Presiden, kesempatan ini harus bisa dimanfaatkan daerah untuk membangkitkan kembali perekonomian di masa pemulihan. Sehingga, target pencapaian kesejahteraan dapat kembali dikejar setelah sebelumnya sempat tertekan akibat pandemi COVID-19.

“Saya yakin daerah-daerah penghasil komoditas perekonomiannya Insya Allah akan merangkak naik,” tutur dia.

Untuk diketahui, saat ini terjadi peningkatan nilai jual berbagai komoditas akibat kebutuhan energi yang besar di seluruh dunia pasca hantaman pandemi awal tahun lalu. Kondisi ini lantas menguntungkan banyak negara produsen seperti Indonesia.

Indikasi tersebut dapat dilihat dari proyeksi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diyakini mampu melebihi target APBN 2021 dengan besaran Rp357,2 triliun atau 119,8 persen dari pagu yang ditetapkan sebesar Rp298,2 triliun.