Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rapat kerja nasional (Rakernas) ke-16 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 19 Juli 2024. Selain rakernas, Apkasi turut menyelenggarakan Otonomi Expo dan Procurement Network.

Dalam acara pembukaan ini, Jokowi turut didampingi Ketua Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan 5 tahun ke belakang adalah periode yang sangat sulit dan penuh tantangan. Mulai dari hantaman pandemi COVID-19, perkembangan geopolitik dunia, hingga gelombang El Nino dan La Nina.

"Ini menyebabkan banyak sekali krisis kesehatan, krisis ekonomi, krisis pangan, krisis keuangan, dan kemanusiaan," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, masyarakat Indonesia patut bersyukur karena mampu bertahan dari hambatan dan tantangan tersebut, terlebih ekonomi Indonesia masih tumbuh sebesar 5,1% pada kuartal I 2024.

"Sangat sulit sekarang ini negara-negara bertahan dengan growth di atas 5%," ungkapnya.

Jokowi menjelaskan, saat ini kompetisi antarnegara di dunia bukan dilihat dari negara besar mengalahkan negara kecil, tetapi negara cepat mengalahkan negara lambat.

"Kita ingin menjadi negara cepat dalam pelayanan publik dalam mobilitas barang dan orang. Setelah mengarungi 5 tahun, ini jadi pengalaman kita bersama, betapa kita semakin matang, betapa kita semakin dewasa, semakin pintar mengelola daerah kabupaten, provinsi, mengelola negara, mengelola keuangannya, dalam mengambil kebijakannya mengelola anggaran," kata Jokowi.