Wamen BUMN Pahala Mansury: <i>Event-Event</i> yang Akan Diadakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit Sudah Ditunggu-tunggu
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) resmi meluncurkan nama sirkuit Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Sirkuit tersebut diberi nama yakni Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Nama tersebut diresmikan dalam acara Penandatangan PKS Sponsorship dan Peluncuran Nama Resmi Sirkuit yang digelar hari ini, Kamis, 7 Oktober. Adapun, penamaan Mandalika International Street Circuit, sekaligus menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia itupun, dibarengi dengan rencana operasional awal yang ditargetkan dilaksanakan pada November 2021 mendatang.

Wakil Menteri I BUMN, Pahala Nugraha Mansury mencatat sejumlah agenda atau kegiatan siap dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Kegiatan dimaksud berupa, Idemitsu Asian Talent Cup yang digelar pada 12-14 November 2021.

"Pembangunan daripada sirkuit ini mulai dilakukan pada tahun lalu di bulan Agustus. Dan pada 2021 ini kita mulai melaksanakan beberapa kegiatan di sirkuit tersebut. Di antaranya pada 12-14 November 2021 nanti akan ada Idemitsu Asian Talent Cup," ujarnya dalam peluncuran nama Sirkuit Mandalika, Kamis, 7 Oktober.

Pahala mengatakan pada 19 Oktober hingga 1 November tahun ini akan diselenggarakan FIM MiniGP atau World SuperBike. Sementara, pada 2022, akan dilaksanakan MotoGP yang dijadwalkan pada pada 11-13 Februari 2022 hingga IndonesianGP pada Maret 2022.

"Jadi ini termasuk salah satu event yang ditunggu-tunggu," katanya.

Menurut Pahala, sejumlah kegiatan merupakan salah satu inisiatif pemerintah untuk mengembangkan dan menghidupkan industri pariwisata di Indonesia.

"Kita tahu sendiri event dari MotoGP salah satu, misalnya event yang dilakukan misalnya motoGP, viewer-nya bisa mencapai 400 juta penonton dalam satu hari. Bahkan, selama satu musim bisa disaksikan lebih 5 miliar viewer," tuturnya.