Ditunjuk Jokowi Jadi Dubes AS, Rosan Roeslani Janji juga Jadi 'Duta' Kepentingan Pengusaha Indonesia
Rosan Roeslani. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk mantan Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani menjadi duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Rosan pun berjanji akan menjadi duta besar yang juga mewakili pengusaha Tanah Air. Sebab, dirinya mengaku sebagai Kadin yang ditempatkan di Amerika.

"Walaupun saya nanti ditempatkan Insyaallah di US sebagai duta besar, apapun yang bisa saya lakukan, apapun yang bisa saya fasilitasi dengan kemampuan saya yang saya ada untuk kepentingan Kadin, untuk kepentingan asosiasi, dan juga untuk kepentingan dunia usaha, tentunya saya akan laksanakan semaksimal mungkin," katanya dalam acara Hut Kadin ke-53 secara virtual, Jumat, 24 September.

Menurut Rosan, di masa pandemi COVID-19 yang tidak memberikan kepastian ini, perlu ditekankan untuk saling menjaga satu sama lain. Kata dia, dengan saling menjaga maka akan menjadi lebih kuat dan lebih baik dalam menghadapi berbagai tantangan di depan.

"Karena kembali lagi, kita semua adalah satu keluarga besar, seperti yang tadi ketua umum sampaikan kalau keluarga tentunya kita akan saling menjaga, menyayangi, lalu membuat yang terbaik untuk kepentingan tidak hanya Kadin, asosiasi dan dunia usaha. Saya sangat meyakini ke depan Kadin akan lebih baik," ucapnya.

Rosan mengatakan jika beberapa bulan yang lalu orang masih banyak yang enggan keluar rumah karena khawatir terpapar COVID-19. Namun, saat ini masyarakat sudah mulai berani untuk keluar rumah. Hal ini karena penanganan virus sudah lebih baik.

Namun, lanjut Rosan, masa-sama penuh ketidakpastian masih akan terus berlanjut. Karena itu, dirinya mengingatkan untuk tetap patuh dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

"Kita harapkan dengan pemerintahan yang sangat-sangat luar biasa bisa menekan COVID-19 makin lama makin melandai dan harapannya ini terus melandai. Sehingga dari sektor kesehatan bisa tertangani dengan baik, dan berdampak positif pada sektor perekonomian ke depannya juga," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid meminta agar Rosan tidak hanya sebagai duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat saja. Melainkan juga menjadi duta Kadin Indonesia di sana. Arsjad ingin tingkat ekspor Indonesia bisa lebih dari capaian saat ini yang

"Hubungan Indonesia dan Amerika ini harus terjalin baik agar bisa meningkatkan nilai ekspor kita ke sana," ujar Arsjad.