JAKARTA - E-commerce Shopee menggelar festival belanja lewat Shopee 9.9 Super Shopping Day. Tercatat, sebayak 45 juta produk terjual dalam 99 menit pertama secara regional.
Kampanye 9.9 Super Shopping Day kali inidiinisiasi untuk memberikan semangat dan harapan bagi para pelaku usaha lokal yang terkena
dampak selama pandemi COVID-19.
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan di Indonesia, jumlah pesanan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) selama 9.9 meningkat hingga 6 kali lipat dibandingkan hari biasa.
"Kami sangat senang dengan antusiasme yang tinggi pada 9.9 Super Shopping Day tahun ini. Dengan situasi dimana masyarakat masih dihadapkan dengan pandemi yang tengah berlangsung, Shopee menyadari peran kami sebagai perpanjangan tangan untuk memenuhi kebutuhan seluruh ekosistem Shopee," katanya dalam keterangan resmi, Jumat, 10 September.
Kampanye ini, kata Handhika, menjadi wadah yang menghadirkan ragam pilihan produk serta hiburan menarik guna menciptakan pengalaman belanja online yang nyaman tanpa harus keluar rumah.
Di saat yang sama, lanjut Handhika, Shopee berupaya mengambil bagian dalam perkembangan bisnis para pelaku usaha lokal serta mitra brand. Ia berharap hal ini dapat menciptakan peluang baru untuk para pelaku usaha serta memberikan kebahagiaan bagi para pengguna dengan pengalaman belanja yang dipersonalisasi, menarik dan sosial.
"Shopee menciptakan pengalaman yang menarik dan unik bagi pengguna dalam 9.9 Super Shopping Day tahun ini dengan hiburan tanpa henti yang menampilkan selebriti internasional serta artis-artis ternama dalam negeri, permainan hingga hadiah menarik," jelasnya.
Handhika mengatakan dalam tiga minggu menjelang 9 September, pengguna menghabiskan 24 juta jam untuk menonton rangkaian tayangan melalui Shopee Live secara regional.
"Pengguna berhasil mendapat keuntungan maksimal dengan memanfaatkan berbagai penawaran terbaik, dimana 1,5 juta produk Flash Sale dan 60 juta Voucher diklaim pada hari puncak kampanye di 9 September secara regional," jelasnya.
BACA JUGA:
Menariknya, kata Handhika, pengguna di Indonesia juga menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain Shopee Games favorit dan memenangkan berbagai hadiah menarik, salah satunya Shopee Tanam yang dimainkan lebih dari 650 juta kali sepanjang kampanye
berlangsung.
"ShopeePay juga menambah pengalaman belanja online dengan menghubungkan lebih banyak penjual dan pembeli. Shopee melihat semakin banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan metode pembayaran digital untuk kenyamanan, keamanan, dan keuntungan yang lebih besar," ucapnya.
Menurut Handhika, lebih banyak merchant offline yang telah menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran guna memberikan pengalaman transaksi yang lebih mudah.
"Puncak 9.9 Super Shopping Day mencatatkan animo belanja yang tinggi dari masyarakat, khususnya terhadap produk-produk dari penjual UMKM. Memanfaatkan ekosistem Shopee yang terintegrasi serta dukungan pemasaran, pelaku usaha lokal khususnya UMKM terus menunjukkan potensi yang kuat," tutur dia.