<i>Mantul</i>! Kementerian Keuangan Pimpinan Sri Mulyani Punya Podcast Ala-Ala Deddy Corbuzier
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara (kanan) dalam podcast D'Maestro

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkenalkan saluran terbaru media audio-video bertipe podcast sebagai bagian dari strategi memperluas informasi tentang kebijakan pemerintah.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan podcast ini dapat menjadi sarana pembelajaran yang baik untuk mengeksplisitkan pengetahuan tacit.

“Saya berharap nanti podcast D'Maestro ini bukan hanya untuk Kementerian Keuangan, tapi juga untuk seluruh tacit knowledge di bidang keuangan negara yang mungkin ada di kementerian lain, mungkin ada di pemerintah daerah, mungkin ada di dunia usaha ketika dia mempunyai pengalaman bersentuhan dengan keuangan negara, mungkin ada di luar negeri,” ujarnya dalam sebuah webinar, Senin, 30 Agustus.

Menurut Wamenkeu, pengetahuan tacit biasanya berasal dari pemahaman, keterampilan dan pengalaman yang melekat pada diri individu yang inspiratif, menggugah dan memberikan nilai-nilai positif. Hal ini dikatakan dia bisa menjadi sesuatu yang memberikan value tersendiri apabila disampaikan dengan cara-cara komunikasi yang tepat.

“Sekarang ini kebijakan fiskal itu footprints-nya ada di semua tempat pada saat krisis seperti ini. Dan saya rasa banyak sekali pemikiran yang berkembang. Saya senang sekali nanti pemikiran-pemikiran yang sekarang ada sebagai tacit knowledge ini akan mampu dikeluarkan dalam podcast D’Maestro, dan moga-moga ini bisa diterima oleh berbagai macam pihak karena penyampaiannya yang santai,” tuturnya.

Lebih lanjut, birokrat yang menjadi dari Menteri Keuangan Sri Mulyani itu menegaskan jika podcast tersebut diharapkan dapat mengklarifikasi beberapa kebijakan publik terutama kebijakan fiskal yang sedang ditempuh pemerintah.

Dengan demikian, sambung dia, akan bisa meluruskan beberapa kebijakan yang beredar secara kurang sesuai di masyarakat.

Untuk diketahui, salah satu podcast yang cukup populer di jejaring sosial Youtube adalah milik presenter Deddy Corbuzier yang dinilai cukup informatif dalam memberikan berita bagi khalayak. Agaknya, strategi ini yang coba ditiru oleh Kementerian Keuangan.

“Bagi generasi muda, podcast ini jadi cara tepat untuk membangun semangat, dedikasi, kerja keras, kejujuran dan keikhlasan dalam menjalankan tugas. Dan untuk para tokoh diharapkan mampu memberikan tacit knowledge kepada generasi muda ke depan,” tutup Wamenkeu Suahasil Nazara.