Kabar Gembira dari Kementerian PUPR: Program Padat Karya Sukses Beri Pekerjaan 755.816 Orang, 61 Persen Target Tercapai
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menyatakan program Padat Karya Tunai (PKT) telah berhasil menyerap tenaga kerja hingga 755.816 orang hingga penutupan semester I 2021.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan jumlah tersebut setara dengan 61 persen dari target yang dibidik tahun ini yang sebanyak 1,23 juta orang.

“Memang kita pacu sesuai dengan perintah Presiden pada saat rapat kabinet dan rapat kabinet terbatas. Karena itu, targetnya harus kita percepat,” ujarnya dalam keterangan tertulis seperti yang dikutip pada Selasa, 6 Juli.

Endra menambahkan, program PKT  diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran serta mempertahankan daya beli masyarakat sebagai bagian dari agenda Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi COVID-19.

“PKT ini diperuntukkan khususnya masyarakat yang kehilangan dan hanya difokuskan untuk pekerjaan konstruksi yang tidak membutuhkan dukungan teknologi dan tidak berisiko tinggi,” tuturnya.

Untuk diketahui, PKT masuk dalam skema program prioritas PEN di APBN 2021 dengan pagu anggaran mencapai Rp117,04. Adapun, realisasi hingga paruh pertama tahun ini baru sekitar Rp41,83 triliun atau setara 35,7 persen dari keseluruhan dana yang dialokasikan.

Selain PKT, program prioritas PEN mencakup insentif pariwisata, peningkatan ketahanan pangan, penyediaan infrastruktur teknologi informasi untuk kepentingan publik, serta pengembangan kawasan industri strategis di sejumlah wilayah di Indonesia.

Sementara untuk keseluruhan dana PEN memiliki total sebesar Rp699,4 triliun yang disebar ke lima sektor utama yang dianggap cukup potensial terdampak pandemi.