Antam dan Hartadinata Abadi Luncurkan Produk EmasKITA dan Kencana, Berharap Dijangkau Seluruh Lapisan Masyarakat
Konferensi pers virtual peluncuran EmasKITA dan Kencana. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (Antam), bersama entitas anak PT Abuki Jaya Stainless Indonesia (AJSI), dan PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata) bersinergi meluncurkan dua produk emas, yaitu EmasKITA dan Kencana.

EmasKITA (Emas Kecil Investasi Terpercaya dan Aman) merupakan logam mulia mikro (99,99 persen) pecahan 0,1 gram dan 0,25 gram yang dirancang khusus untuk dapat dijangkau seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Sedangkan Kencana (Keindahan Terpercaya dan Bermakna) merupakan koleksi perhiasan emas dengan kadar emas 99,99 persen yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Direktur Operasi dan Transformasi Bisnis ANTAM, Risono menyampaikan bahwa sinergi ANTAM dan Hartadinata merupakan implementasi strategi Perusahaan dalam melakukan penetrasi ke dalam segmen logam mulia mikro dan perhiasan emas di pasar domestik.

"Kerja sama ini tentunya semakin membuka kesempatan investasi logam mulia bagi seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Jika sebelumnya investasi emas hanya bisa dijangkau oleh masyarakat menengah atas saja, sekarang seluruh lapisan masyarakat dapat berinvestasi EmasKITA yang produknya aman, berkualitas, dan harganya terjangkau,” ungkap Risono. 

Kolaborasi ini juga menghadirkan Kencana, sebuah terobosan dalam bentuk perhiasan emas murni yang bisa mendukung penampilan dan sekaligus sebagai instrumen investasi jangka panjang yang menguntungkan.

"Kencana adalah koleksi perhiasan yang terbuat dari emas 24 karat. ANTAM memilih Hartadinata sebagai mitra kerja dengan melihat pengalamannya yang ekstensif dalam memimpin segmen perhiasan emas di pasar domestik. Melalui produk Kencana, untuk pertama kalinya masyarakat Indonesia bisa mengenakan perhiasan emas murni 99,99 persen atau setara logam mulia," tuturnya.

Antam merupakan satu-satunya perusahaan pengolahan dan pemurnian logam mulia di Indonesia yang telah memiliki sertifikasi London Bullion Market Association (LBMA). Dalam sinergi ini, Antam bertindak sebagai pemasok bahan baku emas murni (999,9) yang berasal dari Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM).

Bahan baku emas ini kemudian diolah menjadi logam mulia mikro dan perhiasan emas di Pabrik Hartadinata yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Proses produksi diawasi langsung oleh PT Abuki Jaya Stainless Indonesia (AJSI) selaku entitas anak Antam.

Direktur Utama AJSI, Bambang Wijanarko menjelaskan bahwa pengawasan dilakukan untuk memastikan produk EmasKITA dan Kencana sesuai dengan standar emas Antam.

"AJSI bekerja dekat dengan Hartadinata memastikan setiap produk yang diproduksi sesuai dengan standar emas Antam, yaitu menggunakan bahan baku emas murni dari Antam, standardisasi prosedur kerja, dan pengendalian kualitas produk dengan memastikan akurasi berat setiap produk yang dihasilkan. Hologram dan QR Code disertakan dalam setiap produk EmasKITA dan Kencana di pasaran, sehingga masyarakat dapat melakukan verifikasi keasliannya dalam website www.emaskita.id," papar Bambang.

Direktur Utama Hartadinata, Sandra Sunanto mengungkapkanbahwa Antam dikenal karena reputasinya sebagai produsen emas terbaik di Tanah Air, dan Hartadinata merupakan pemimpin pasar logam mulia mikro dan perhiasan emas.

"Kolaborasi Antam, AJSI dan Hartadinata ini kami harapkan dapat memajukan industri emas dalam negeri, serta memberikan produk-produk emas yang aman dan terpercaya kepada masyarakat," papar Sandra.