Bambang Brodjonegoro Sudah Tak Jadi Menteri, tapi Kini Menjabat Komisaris di 3 Perusahaan Besar: Telkom, Bukalapak dan Astra
Bambang Brodjonegoro. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, Bambang Brodjonegoro lepas dari jabatan Menteri Riset dan Teknologi, karena kementerian tersebut digabung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun kini, mantan Menteri Keuangan itu menjabat Komisaris Utama di tiga perusahaan besar.

Teranyar, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Astra International Tbk memutuskan mengangkat Bambang Brodjonegoro sebagai Komisaris Independen perseroan. Saat ini, Bambang juga diketahui menjabat sebagai Komisaris Utama PT Telkom (Persero) Tbk.

"Mengangkat Bapak Bambang Brodjonegoro sebagai Komisaris Independen terhitung sejak ditutupnya rapat ini untuk masa jabatan sebagaimana yang ditentukan oleh anggaran dasar," tulis keterangan tertulis Astra, yang diterima VOI, Kamis 17 Juni,

Adapun, dewan komisaris perseroan sebanyak 10 orang terdiri dari Komisaris Utama, Prijono Sugiarto, Komisaris Independen Sri Indrastuti Hadiputranto, Komisaris Independen Rahmat Waluyanto, Komisaris Independen Apinont Suchewaboripont, Komisaris Independen Bambang Brodjonegoro.

Kemudian, Komisaris Anthony John Liddell Nightingale, Komisaris Benjamin William Keswick, Komisaris John Raymond Witt, Komisaris Stephen Patrick Gore, dan Komisaris Benjamin Birks.

"Terhitung sejak ditutupnya rapat ini sampai dengan RUPS Tahunan 2023. Kecuali, John Raymond Witt dan Stephen Patrick Gore yang berlaku sampai RUPS Tahunan 2022 dan Bambang Brodjonegoro sampai RUPS Tahunan 2024," imbuh keterangan manajemen Astra.

Sebelumnya, pada 28 Mei 2021 lalu, Bambang Brodjonegoro ditunjuk menjadi Komisaris Utama Telkom. Bambang juga menjabat sebagai Komisaris Utama di raksasa e-commerce Bukalapak, sejak 30 April 2021.