Suntik Rp21 Miliar, Perusahaan Milik Konglomerat Mochtar Riady Tegaskan Bukan Pengendali Ruangguru
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Lippo Group melalui PT Multipolar Tbk (MLPL) menyuntikkan dana Rp21 miliar ke startup Ruangguru. Adapun saat ini, perusahaan milik konglomerat Mochtar Riady menyatakan sudah mempunyai kepemilikan 3,38 persen di platform startup edukasi online tersebut.

"Perseroan melalui anak anak perusahaan, PT Nusa Jaya Cipta telah berinvestasi di Ruangguru senilai kurang lebih Rp21 miliar dengan persentase kepemilikan sampai saat ini sebesar 3,38 persen," ujar Direktur Utama MLPL Adrian Suherman, dikutip dari surat keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis 27 Mei.

Adrian menjelaskan, aksi korporasi tersebut merupakan salah satu dari investasi perusahaan di bidang digital startup. Investasi sejalan dengan visi perusahaan untuk berorientasi di bisnis digital.

"Kami percaya investasi ini akan menghasilkan imbal balik yang baik, yang akan kami sampaikan pada waktunya," tuturnya.

Di kesempatan sama ia juga menekankan kalau perusahaan bukan merupakan pihak pengendali Ruangguru. Menurut Adrian, keputusan tidak berdampak terhadap kinerja operasional dan kinerja keuangan perusahaan.

Ia juga mengatakan, tidak ada pihak MLPL yang menjabat sebagai manajemen kunci di Ruangguru.

"Perseroan bukan pengendali di Ruangguru. Sebagai perusahaan investasi, perseroan secara teratur terus melakukan evaluasi atas setiap investasinya untuk mengkaji peluang monetisasi ataupun penambahan investasi," bebernya.

Selain berinvestasi di Ruangguru, perusahaan juga menanamkan modalnya di beberapa startup digital lain, seperti OVO hingga Klinik Pintar.