BLT UMKM Sudah Sampai ke Tangan 8,6 Juta Penerima, Nilainya Rp10,4 Triliun
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan, BLT UMKM alias Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) sudah disalurkan kepada 8.635.025 penerima. Duit Rp1,2 juta itu sudah sampai ke tangan masing-masing pelaku UMKM.

"Sudah tersalurkan kepada sebesar 8,635 juta penerima dengan nominal hampir Rp10,4 triliun sudah tercairkan," kata Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya dalam Dialog Produktif Rabu Utama secara virtual, Rabu 5 Mei.

Eddy menjelaskan, pemerintah menargetkan banpres produktif bisa tersalurkan kepada 9,8 juta penerima dengan realisasi anggaran Rp11,76 triliun hingga 12 Mei mendatang.  Ini berarti, realisasi hingga saat ini sudah 88 persen dari target 9,8 juta penerima.

Adapun tahun ini, pemerintah membidik BLT UMKM Rp1,2 juta untuk 12,8 juta penerima. Ada tambahan kuota sebanyak 3 juta penerima baru, di mana saat ini pemerintah sedang melakukan proses data.

"Sejak diputuskan oleh KPCPEN tanggal 1 Maret lalu memang benar sekali direncanakan 12,8 juta penerima yang merupakan kombinasi antara penerima yang lama dengan penerima baru," tutur Eddy.

Untuk mengecek penerima BLT UMKM Rp1,2 juta, bisa dilihat di eform.bri.co.id/bpum. Langkah-langkahnya seperti berikut ini:

1. Klik e-form BRI (https://eform.bri.co.id/bpum)

2. Masukkan nomor KTP dan kode verifikasi

3. Klik proses inquiry

4. Jika sudah masuk, Anda akan menerima pemberitahuan apakah sudah mendapatkan bantuan atau tidak

5. Jika terdaftar sebagai penerima, kamu sebagai pelaku usaha mikro bisa mendatangi kantor BRI untuk mencairkan BLT UMKM Rp 1,2 juta. Bantuan juga bisa langsung ditransfer ke rekening.