Pemakaman Mertua Dian Sastro, Adiguna Sutowo Dikawal Ormas FKPPI
Suasana pemakaman pengusaha Adiguna Sutowo di TPU Tanah Kusir (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA – Pemakaman penguasaha Adiguna Sutowo di TPU Tanah Kusir pada Minggu, 18 April siang dijaga ketat oleh salah satu organisasi kemasyarakatan (Ormas) Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI).

Dalam pantauan terlihat sejumlah anggota FKPPI berjaga di sekitar lokasi TPU, mulai dari pintu gerbang, pelataran parkir, hingga sekitaran makam.

Mertua dari artis Dian Sastro itu dimakamkan usai mengembuskan napas terakhirnya pada hari ini pukul 04.00 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP).

Sejatinya, Adiguna sangat lekat dengan Ormas FKPPI. Pasalnya, dia diketahui sempat memimpin organisasi tersebut pada Mei 1998 hingga Oktober 2003. Dalam  perjalannya, dia didampingi oleh Erwin M. Singajuru yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

Pada akhir masa bakti, Adiguna kemudian digantikan oleh sang kakak, yakni Ponco Sutowo berdasarkan hasil Munas secara bersama-sama antara FKPPI dan GM FKPPI di Wisma Haji Pondok Gede Jakarta.

Seperti diketahui, keluarga Sutowo memang lekat dengan aktivitas militer. Hal tersebut lantaran sang Ayah, yakni Ibnu Sutowo adalah salah satu petinggi TNI pada masa awal kemerdekaan RI.

Ibnu Sutowo merupakan salah satu orang kepercayaan Presiden ke-2 RI Soeharto yang diberi amanah untuk mengembangkan usaha migas di nasional melalui PT Perusahaan Minyak Nasional, disingkat Permina.

Untuk diketahui, Permina merupakan cikal bakal perusahaan PT Pertamina yang saat ini dikenal sebagai operator utama industri energi di Indonesia.

Adiguna Sutowo sendiri lahir di Jakarta pada 31 Mei 1958. Dia memiliki anak bernama Maulana Indraguna Sutowo yang kemudian menikahi Dian Sastrowardoyo pada 18 Mei 2010 lalu.

Adiguna juga tercatat sebagai pendiri Mugi Rekso Abadi (MRA) Group, salah satu entitas usaha yang bergerak dalam industri ritel dan hiburan. Kepastian mangkatnya Adiguna juga dikonfirmasi oleh Head of Business Growth MRA Media Iwet Ramadhan yang juga merupakan seorang entertainer.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Berita duka cita, telah meninggal dunia pada hari Minggu tanggal 18 April 2021 jam 04.04 pagi, Bapak Adiguna Sutowo founder MRA Group, ayahanda dari Bapak Maulana Indraguna Sutowo (Direktur Utama MRA Group),” ungkap Iwet melalui laman sosial Instagram pribadinya, Minggu, 18 April.