Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan terjadi profit taking pada hari ini, Jumat Oktober. Phintraco Sekuritas dalam risetnya memperkirakan IHSG bakal bergerak pada rentang resistance 7.750, pivot 7.700, dan support 7.650.

Phintraco Sekuritas menjelaskan, pasar masih merespon keputusan BI menahan suku bunga acuan dan petunjuk peluang pemangkasan lanjutan suku bunga acuan BI dengan terindikasi mengakumulasi saham-saham rate sensitive, khususnya bank di Kamis kemarin. Hal tersebut menopang penguatan lanjutan IHSG kemarin menguji level 7.750.

“Secara teknikal, pelebaran positive slope MACD berlanjut, namun terdapat indikasi rotasi ke saham-saham second liner. Oleh sebab itu, tetap waspadai potensi profit taking IHSG hari ini. Perhatikan pivot critical level 7.700,” tulis Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas menambahkan, data ekonomi terbaru menunjukan pelemahan nilai ekspor Jepang sebesar 1,7 persen yoy di September 2024 (vs. Perkiraan naik 0,5 persen yoy) dan perlambatan pertumbuhan nilai impor Jepang ke 2,1 persen yoy di periode yang sama (vs. perkiraan naik 3,2 persen yoy).

“Sebelumnya kondisi serupa juga dicatatkan AS. Data-data terbaru ini memperkuat indikasi penurunan world trade di akhir Kuartal III-2024,” tambah Phintraco Sekuritas.

Dari dalam negeri, Phintraco Sekuritas mengatakan, fokus pasar tertuju pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2024. Di hari yang sama, akan diumumkan nama-nama Menteri pengisi kabinet yang baru untuk kemudian dilantik pada 21 Oktober 2024.

Adapun saham-saham yang direkomendasikan Phintraco Sekuritas hari ini, yakni ENRG, BRPT, ASII, BRIS dan MDKA.