Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyambut realisasi penerbangan langsung dari Bandar Udara Incheon di Korea Selatan menuju Bandara Hang Nadim di Batam (PP).

Pembukaan rute ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Batam.

Adapun Jeju Air telah memulai penerbangan rute Incheon menuju Batam ini pada 16 Oktober 2024 malam kemarin. Penerbangan perdana ini merupakan bagian integral dari terselenggaranya proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Lukman F. Laisa berharap dengan dibukanya rute penerbangan ini dapat meningkatkan kedatangan wisatawan.

“Kemudian investasi dan perdagangan, serta mempererat pertukaran budaya antar negara,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis, 17 Oktober.

Penerbangan Incheon-Hang Nadim Batam (PP) ini beroperasi menggunakan pesawat jenis B737-800 yang dapat mengangkut penumpang dengan kapasitas maksimum 189 penumpang, dengan jadwal penerbangan tiga kali dalam seminggu.

Lukman memberikan apresiasi kepada semua pihak atas dukungan sehingga penerbangan langsung Incheon-Hang Nadim Batam (PP) ini dapat beroperasi.

“Di hari bahagia ini, saya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam peluncuran penerbangan ini, khususnya kepada Jeju Air, Lion Air Group dan juga PT. Bandara Internasional Batam sebagai pengelola Bandar Udara Internasional Hang Nadim, yang telah memberikan dukungan dan fasilitas terbaik,” kata Lukman.

Kemenhub berharap rute penerbangan ini sustainable serta menguntungkan bagi kedua negara maupun operator penerbangan dalam meningkatkan aksesibilitas, mendorong kedatangan wisatawan, investasi, dan perdagangan, serta mempererat pertukaran budaya antara kedua negara.