Pemerintah Kaji Opsi Pembukaan Program Kartu Prakerja Gelombang 17
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Head of Communication Manajemen Pelaksana Program kartu Prakerja Louisa Tahutu mengatakan pemerintah membuka peluang penyelenggaraan program Kartu Prakerja gelombang 17 dalam waktu dekat.

Menurut dia, pembukaan gelombang lanjutan akan dilakukan apabila ada peserta yang terdaftar di gelombang 12-16 diketahui tidak melakukan pembelian pelatihan dalam jangka waktu 30 hari setelah mereka dinyatakan lulus sebagai peserta.

“Kami terus memantau proses pembelian program pelatihan dari peserta tersebut,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Louisa menambahkan, skenario pembukaan gelombang 17 merupakan murni opsi tambahan. Pasalnya, berdasarkan data terakhir disebutkan bahwa jumlah peserta pada gelombang terakhir, yakni 16, telah mencapai batasan kuota untuk semester I/2021 yang berjumlah 2,7 juta orang.

Sementara itu, pengumuman peserta gelombang 16 yang lolos rencananya akan diinformasikan pada pekan ini. Calon peserta yang telah mendaftar di minta untuk memantau laman prakerja.go.id atau mendapatkan informasi pengumuman lewat pesan singkat (SMS).

Seperti yang diberitakan VOI sebelumnya, Program Kartu Prakerja gelombang 16 dibuka dengan kuota 300.000 orang pada Kamis, 24 Maret yang lalu.

Pemerintah menargetkan Kartu Prakerja akan diberikan sebanyak 2,7 juta orang sampai dengan semester I/2021 dengan anggaran sebesar Rp10 triliun.

Sebagai informasi, Program Kartu Prakerja adalah skema bantuan pelatihan yang dalam masa pandemi disertai juga dengan insentif.

Setiap peserta akan mendapatkan bantuan Rp3.550.000 dengan perincian Rp1 juta untuk bantuan pelatihan, insentif setelah pelatihan Rp600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei Rp150.000.

Berikut adalah persyaratan serta alur mengikuti program Kartu Prakerja.

1. Masuk ke laman www.prakerja.go.id untuk mendaftar persyaratan dan mengisi persyaratan yang diperlukan

2. Calon peserta akan notifikasi pengaktifan akun pendaftaran lewat email untuk kemudian melakukan verifikasi

3. Jika sudah lengkap maka pendaftaran dinyatakan berhasil

4. Masuk kembali ke halaman www.prakerja.go.id untuk melakukan proses login

5. masukan data akun (email dan password) sesuai dengan registrasi sebelumnya

6. Isi data diri teraktual (Nama, alamat, KTP, NIK, nomor kartu keluarga, dan lain-lain)

7. Unggah foto KTP dan swafoto

8. Verifikasi nomor handphone

9. Calon peserta akan menerima kode OTP yang kemudian kode tersebut dimasukan pada laman pendaftaran untuk verifikasi ulang

10. Isi kolom pernyataan keaslian data calon peserta

11. Selesai. Calon peserta akan menerima notifikasi melalui SMS setelah penutupan gelombang. Jika belum lolos, calon peserta bisa ikut gelombang berikutnya.