Bagikan:

JAKARTA - Plt Kepala Otoritas IKN sekaligus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan akan ada tiga proyek asing yang akan melakukan groundbreaking di Ibu Kota Nusantara (IKN) pekan depan.

Adapun ketiga proyek tersebut milik investor asal China, Australia dan Rusia. Selain itu juga akn terdapat dua proyek lain yang akan turut melakukan peletakan batu perdana.

"Dari Australian Independent School, Plataran, kemudian Hotel The Prima, dan Delonix. Satunya lagi Magnum dari Rusia," ujar Basuki kepada awak media saat ditemui di Gedung Kementerian PUPR, Sabtu, 21 September.

Dikatakan Basuki, Magnum yang merupakan perusahaan di bidang properti ini akan membangun kawasan mixed use. Meski demikian Basuki enggan membeberkan besaran anggaran investasi yang digelontorkan dalam proyek-proyek ini.

Rencananya, groundbreaking proyek ini akn dilakukan oleh Presiden Joko Widodo yang diketahui akn berada di IKN sejak tanggal 24 hingga 27 September.

"Nanti Pak Presiden kan tanggal 24 mulai ke sana, 24, 25, 26, 27 (September)," ujarnya.

Saat lawatan presiden ke IKN nanti, Basuki juga memastikan bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah bisa didarati pesawat kepresidenan pada pekan depan.

Dikatakan Basuki, pada kunjungannya ke IKN pada Senin awal pekan yang lalu, bandara IKN sudah bisa didarati pesawat jenis CASA, sementara pada hari Rabu, dirinya menggunakan pesawat Hercules

"Baik, bandara hari ini sudah mulai akan dilandasi dan didarati dengan RJ85. Kemarin dengan Hercules oke semua. Hari ini dengan RJ85. Mudah-mudahan hasilnya baik," beber dia.

Karena sudah dilandasi oleh Pesawat jenis Hercules, ia memastikan pesawat kepresidenan yang membawa Jokowi sudah bisa mendarat dengan mulus di Bandara IKn.

"Sudah bisa sih. Kalau ada RJ85, katanya lebih ringan dari Hercules," tandas Basuki.