Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang juga sekaligus menjabat sebagai Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memastikan bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah bisa didarati pesawat kepresidenan pada pekan depan.

Dikatakan Basuki, pada kunjungannya ke IKN pada Senin, awal pekan yang lalu, bandara IKN sudah bisa didarati pesawat jenis CASA, sementara pada hari Rabu, dirinya menggunakan pesawat Hercules

"Baik, bandara hari ini sudah mulai akan dilandasi dan didarati dengan RJ85. Kemarin dengan Hercules oke semua. Hari ini dengan RJ85. Mudah-mudahan hasilnya baik," ujarnya kepada awak media saat ditemui di Gedung Kementerian PUPR, Sabtu, 21 September.

Karena sudah dilandasi oleh Pesawat jenis Hercules, ia memastikan pesawat kepresidenan yang membawa Jokowi sudah bisa mendarat dengan mulus di Bandara IKn.

"Sudah bisa sih. Kalau ada RJ85, katanya lebih ringan dari Hercules," sambung Basuki.

Sebelumnya diberitakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat ingin mendarat di bandara baru Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Kamis 12 September untuk memimpin rapat kabinet.

Keinginan Jokowi kandas karena masih harus menunggu bandara IKN melakukan uji coba pendaratan dan lepas landas dengan pesawat yang ukurannya sama dengan pesawat kepresidenan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bahwa Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kalimantan Timur bisa menjadi tempat mendarat pesawat kepresidenan pada September 2024.

Target ini sejalan dengan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan pindah ke IKN pada bulan September 2024. Seperti diketahui, masa tugas Jokowi sendiri akan berakhir pada 20 Oktober.