Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bahwa Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kalimantan Timur bisa didarati pesawat kepresidenan pada September mendatang.

Target ini sejalan dengan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan pindah ke IKN pada bulan September 2024. Seperti diketahui, masa tugas Jokowi sendiri akan berakhir pada 20 Oktober.

“Awal September, ya (bisa didarati pesawat kepresidenan),” ujar Budi sambil mengangkat dua jempol, ditemui di Kawasan Ancol, Jakarta, Senin, 26 Agustus.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mulai pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada minggu pertama September 2024.

Basuki mengatakan, kepindahan Presiden Jokowi bakal menyesuaikan dengan kesiapan pembangunan Bandara VVIP di IKN.

“Kalau yang saya tahu, Pak Presiden (Jokowi) nanti pindahan kalau bandaranya ini beroperasi minggu pertama September,” ujar Basuki saat ditemui di kantornya, Jumat, 23 Agustus.

Di sisi lain, Basuki bilang bahwa berbagai sarana infrastruktur juga siap menyambut Jokowi di IKN. Seperti, Kantor Presiden, Istana Garuda, lalu Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) yang jumlahnya kini 14 unit dan proyek lainnya adalah sejumlah Rusun ASN-Hankam.

Menurut dia, berbagai infrastruktur tersebut adalah tanda-tanda IKN siap menampung kepindahan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Jadi (pembangunannya bertahap terus). Makanya pak Menpan RB (Abdullah Azwar Anas), kan (menyebut) September ini ada 1.700 (ASN). Sesuai ketersediaan, 1.700 ASN yang mulai pindah,” tutur Basuki.