Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo memastikan pekan depan dirinya akan meresmikan smelter bauksit di Mempawah, Kalimantan Barat. Untuk informasi, smelter ini merupakan smelter bauksit kedua setelah sebelumnya telah berdiri smelter di Bintan, Kepulauan Riau.

"Hilirisasi di bauksit sudah jadi yang satu di Bintan dan minggu depan saya juga akan resmikan di Mempawah Kalimantan Barat," ujar Jokowi dalam sambutannya pada pembukaan Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XXII dan Seminar Nasional 2024 di Surakarta, Jawa Tengah, yang dikutip Jumat, 20 September.

Dikatakan Jokowi Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) ini merupakan hasil kolaborasi PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum dan PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Smelter ini, kata dia, akan menghasilkan produk berupa aluminium, velg mobil, body pesawat.

"Yang di mempawah ini miliknya BUMN akan jadi alumunium, velg mobil, body pesawat semuanya," kata dia.

Selain meresmikan SGAR Mempawah, Jokowi menyebut dirinya juga akan meresmikan smelter milik Freeport dan Amman Mineral pada pekan depan.

"Minggu depan akan ada dua smelter besar yang investasinya kurang lebih Rp50 - Rp60 triliun, sudah beroperasi yaitu di Amman di Sumbawa dan Freeport di Gresik. Dari tembaga yang saya lihat di lapangan menjadi barang-barang yang sudah jadi ke cooper foil, kabel, rangka mobil," tandas Jokowi.

Asal tahu saja, dua Anggota MIND ID itu mengucurkan investasi hingga 830 juta dolar AS atau setara Rp13,1 triliun untuk proyek SGAR. Nantinya, pabrik pemurnian bijih bauksit ini bisa memproduksi 1 juta ton alumina per tahun.