Bagikan:

YOGYAKARTA – Artikel ini akan membahas deretan bisnis Anindya Bakrie yang baru saja terpilih sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2024-2029.

Anindya Bakrie terpilih jadi ketum melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada Sabtu, 14 September 2024 di Hotel St. Regis Jakarta Selatan.

Pemilihan Anindya Bakrie didukung 21 pimpinan Kadin daerah dan 25 anggota luar biasa Kadin Indonesia.

Jabatan yang diduduki Anindya Bakrie sebelumnya diemban oleh Arsjad Rasyid. Ia terpilih sebagai Ketua umum Kadin Indonesia masa bakti 2021-2024 secara aklamasi berdasarkan keputusan bersama pada Munas VIII Kadin Indonesia pada 30 Juni 2021 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Lantas, seperti apa sosok Anindya Bakrie? Apa saja bisnis-bisnisnya? Simak jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Profil Anindya Bakrie

Profil Anindya Novyan Bakrie merupakan putra sulung dari pasangan Aburizal Bakrie dan Tatty Bakrie.

Lahir di Jakarta, 10 November 1974, Anin – sapaan akrab Anindya Bakrie –termasuk salah satu pengusaha Indonesia di bidang teknologi, media, telekomunikasi, dan kendaraan listrik.

Saat ini, Anin adalah pemilik klub sepakbila Inggris Oxford United bersama Erick Thohir. Selain itu, ia juga menjadi Direktur Utama Bakrie Group yang mengendalikan sejumlah perusahaan publik dengan kapitalisasi pasar gabungan sekitar 15 miliar dolar AS atau setara Rp230,72 triliun.

Sebelum terjun ke dunia bisnis, Anin mengenyam pendidikan dasar di Sekolah Dasar Triguna dan lulus pada 1986 sebelum melanjutkan pendidikan menegah di Pangudi Luhur, yang keduanya berlokasi di Jakarta.

Berikutnya, Anin meneruskan studinya di Philips Academy di Andover, Massachusetss, sebuah sekolah menegah atas di Amerika Serikat.  

Atas ketertarikannya di bidang keuangan dan teknologi, juga keinginan mengikuti jejak bisnis sang ayah dan kakeknya, Anin mulanya hendak mengambil ekonomi sebagai jurusan utama di bangku perkuliahan. Ia mendapatkan gelar sarjana di bidang teknik industri dari Northwestern University, Illionis pada 1996.

Selanjutnya, Anin meraih gelar master dari program Global Management Immersion Experience (GMIX) di Stanford Graduate School of Business pada 2001.

Deretan Bisnis Anindya Bakrie

  1. PT Bakrie & Brother Tbk

Menurut informasi yang tertera di profil LinkedIn miliknya, Anindya Novyan Bakrie merupakan Chief Executive Officer (CEO) dan President Director PT Bakrie & Brother Tbk.

Perusahaan yang dipimpin Anin bergerak di berbagai sektor, mulai dari infrastruktur, kendaraan listrik, pertambangan, minyak & gas, listrik (termasuk energi terbarukan dan tenaga surya), properti, dan perkebunan.

  1. Viva Group

Setelah merampungkan pendidikannya di Stanford, Anin mengawali kariernya di Wall Street sebagai Bankir Investasi di Salomon Broters.

 Sepulangnya dari AS, Anin mendirikan Viva Group, yang memiliki tvOne dan ANTV. Sampai saat ini, nama Anindya Bakrie masih terdaftar sebagai pemimpin di perusahaan tersebut.

Ia menduduki kursi Chief Executive Officer & President Director di Visi Media Asia (VIVA) dan Bakrie Global Ventura. Smentara di PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV), Anin menjabat sebagai Executive Chairman & President Commissioner.

  1. PT VKTR Teknologi Mobilitas

Berikutnya, Anindya Bakrie juga menjabat sebagai komisaris utama PT VKTR Teknologi Mobilitas yang melakukan IPO di BEI pada 19 Juni 2023 dan memasok bus listrik ke Transjakarta. Unit usaha Bakrie Group itu didukung oleh BYD Automobile, produsen kendaraan listrik yang berbasis di China.

Demikian informasi tentang bisnis Anindya Bakrie. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.