Bagikan:

JAKARTA - Permasalahan pendidikan di Indonesia masih menjadi tantangan besar untuk diperhatikan dan diperbaiki. Banyak sekali daerah yang belum terjangkau oleh fasilitas pendidikan layak seperti di perkotaan. Keterbatasan transportasi untuk menjangkau sekolah pun menjadi penyebab dari minimnya pendidikan berkualitas. Hal itu yang membuat banyak sekolah di pedalaman tidak bisa berjalan karena tidak ada siswa.

Pulau Air Raja adalah salah satu pulau terpencil di Kota Batam tanpa listrik di siang hari. SDN 014 Galang menjadi satu-satunya sekolah untuk jenjang sekolah dasar di pulau tersebut, namun guru-guru disana harus seberangi lautan demi bisa mencerdaskan calon-calon penerus bangsa.

Sama halnya dengan siswa-siswi di SMAS Muhammadiyah Olong Sawai, Maluku Tengah. Seluruh siswa disana bukan berasal dari Desa Olong, melainkan dari desa induk, yaitu Negeri Sawai. Tanpa adanya perahu, mereka tidak akan bisa pergi sekolah. Para siswa dan guru harus menyebrangi lautan selama 30 menit.

Pada Bulan Agustus 2024, PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) meresmikan dua perahu sekolah untuk SDN 014 Galang, Batam dan SMAS Muhammadiyah Olong Sawai, Maluku. Perahu sekolah memiliki spesifikasi mesin 15 PK dilengkapi dengan atap supaya siswa dan guru tidak tersiram ombak laut.

“Dengan adanya perahu sekolah bantuan dari PT SMI, diharapkan bisa mengatasi masalah transportasi sekolah anak-anak ataupun guru-guru di SDN 14 Galang, Batam dan SMAS Muhammadiyah Olong Sawai. Sehingga tidak ada lagi hambatan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah ini dan semoga bantuan ini bisa berumur panjang serta memberikan banyak manfaat untuk masyarakat,” ujar Sapuri, Perwakilan PT SMI, dalam keterangannya, Jumat 13 September.

Hasil kerja sama PT SMI dan Rumah Asuh Indonesia, perahu sekolah dapat mengantarkan siswa dan guru dengan tepat waktu. Mereka tidak harus lagi mengeluarkan biaya untuk sewa perahu, apalagi mempertaruhkan nyawa ditengah lautan. Semoga perahu sekolah bisa terus berlayar untuk mempermudah akses pendidikan di Perairan Indonesia.