Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat, total panjang Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang saat ini telah beroperasi dan difungsionalkan mencapai 850 kilometer (km).

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengungkapkan, pemerataan konektivitas di wilayah barat Indonesia itu berhasil dibangun selama 10 tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Trans Sumatera kami sudah bisa mulai, (pembangunannya selama 10 tahun) itu sudah sekitar 850 km jalan tolnya yang sudah fungsional sekarang," ujar Endra dalam Webinar Mengawal 10 Tahun Pembangunan Infrastruktur secara daring, dikutip Selasa, 3 September.

Endra menuturkan, portofolio panjang JTTS ini akan terus bertambah.

Pada 2024 ini, terdapat ruas tol di wilayah Aceh hingga Sumatera Utara yang akan diresmikan.

Di samping itu, komitmen pemerintah membangun infrastruktur konektivitas selama 1 dekade belakangan ini juga diharapkan dapat mendorong daya saing dan memudahkan mobilitas masyarakat.

"Sama akhir tahun itu di Aceh, Sumatera Utara yang dalam waktu dekat akan diresmikan," imbuhnya.

Adapun hingga periode 30 Juni 2024, PT Hutama Karya (Persero) selaku pemegang konsesi Tol Sumatera melaporkan bahwa JTTS yang telah beroperasi saat ini sepanjang 800 km dari target total panjang JTTS tahap 1 sepanjang 966 km.