Setelah Diresmikan Jokowi, Ada Kabar Baik untuk Gubsu Edy Rahmayadi dan Warga Sumut: Tol Binjai–Stabat Bisa Digunakan Besok dan Gratis!
Salah satu gerbang tol di ruas Binjai-Langsa (Foto: Tangkap layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Peresmian ruas tol Binjai–Stabat yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menyisakan kebahagiaan tersendiri bagi warga Sumatera Utara. Pasalnya, selama masa sosialisasi yang mulai berlangsung besok, warga diperbolehkan melintas di jalan bebas hambatan sepanjang 11,8 kilometer itu tanpa dipungut biaya alias gratis.

Kepastian itu disampaikan langsung oleh Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto selaku penggarap proyek infrastruktur tersebut.

“Kami juga informasikan bahwa mulai esok, tol Binjai–Stabat sudah dapat dilintasi oleh masyarakat Binjai dan sekitarnya, dan belum ditetapkan tarif selama masa sosialisasi dengan tetap tapping menggunakan kartu uang elektronik,” ujarnya dalam keterangan pada Jumat, 4 Februari.

Menurut Budi, pihaknya mendapati jika akses terbaru ini sangat dinantikan oleh masyarakat sekitar, mengingat tol Binjai–Stabat terhubung langsung dengan tol Medan–Binjai sepanjang 17 km yang telah beroperasi penuh.

“Pulau Sumatra bagi Indonesia adalah gerbang di sisi barat, maka konektivitas perlu ditingkatkan agar pengembangan setiap kegiatan ekonomi utama dapat terus berjalan,” tuturnya.

Mengingat peran strategis tersebut, Budi berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menghubungkan kebaikan melalui infrastruktur jalan tol agar satu persatu provinsi di Indonesia bisa terhubung dengan baik.

“Jika tersambung penuh, bisa menjadi jalan alternatif menuju Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pintu masuk dan keluar gerbang di pantai timur Pulau Sumatera,” tegasnya.

Untuk diketahui, total panjang tol yang telah dioperasikan oleh Hutama Karya dalam megaproyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dari Lampung hingga Aceh menjadi sekitar 542,8 kilometer. Adapun, total panjang ruas tol yang masih dalam tahap konstruksi sepanjang 519 kilometer.

“Kami berterima kasih terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan tol ini, karena dapat rampung atas dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat sekitar di Sumatera Utara,” tutup Budi.