Resmikan Tol Binjai-Stabat, Jokowi: Siap Dimanfaatkan untuk Mendukung Kelancaran Konektivitas
Presiden Joko Widodo (Foto: Tangkap Layar Youtube @Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini baru saja meresmikan ruas Jalan Tol Binjai-Satbat, di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Tol dengan panjang 11,8 kilometer (km) ini merupakan seksi I dari pembangunan ruas tol Binjai-Langsa.

Jokowi mengatakan bahwa ruas jalan tol ini telah siap untuk digunakan masyarakat sekitar dalam mendukung kelancaran konektivitas di wilayah tersebut.

"Alhamdulillah telah siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas," katanya dalam peresmian jalan tol Binjai-Stabat, Jumat, 4 Februari.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menjelaskan bahwa tol tersebut merupakan bagian dari jalan tol Binjai-Langsa sepanjang 131 km. Dimana jika tol tersebut rampung, maka akan menghubungkan dua provinsi yakni Sumatera Utara dan Aceh.

"Juga menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menyambung dari Lampung sampai ke Aceh," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan keberadaan jalan tol ini akan sangat memangkas waktu tempuh jalan di wilayah tersebut. Dimana biasanya membutuhkan waktu 2,5 jam menjadi 45 menit.

"Pastinya dari Medan-Stabat 2,5 jam, sekarang jadi 45 menit dan rakyat Langkat menuju ke Kualanamu dari 2,5 jam sampai 3 jam, saat ini jadi 1 jam," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto menyampaikan bahwa keberadaan Tol Binjai-Stabat akan membuka konektivitas baru dari Kecamatan Stabat ke Kota Binjai dan bahkan hingga Medan.

"Setelah nanti dioperasikan, harapannya dapat mempercepat angkutan barang hingga angkutan manusia," ucapnya.

Budi mengatakan Hutama Karya memastikan bahwa untuk mempersiapkan pengoperasian Tol Binjai-Stabat, telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 14-15 Januari 2022 lalu oleh perusahaan bersama dengan Badan Pengatur Jalan Tol, Bina Marga, Korlantas, BBPJN Sumut, dan instansi lainnya.

Adapun Sertifikat Laik Operasi (SLO) telah diterima perusahaan pada 28 Januari 2022 lalu.

Sebagai informasi, Jalan Tol Binjai-Stabat yang telah rampung saat ini tengah menunggu arahan regulator untuk dapat diresmikan dan segera dioperasikan. Jalan Tol Binjai-Stabat sepanjang 11,8 km merupakan seksi 1 dari Ruas Tol Binjai-Langsa.

Adapun Ruas Tol Binjai-Langsa terdiri dari 5 seksi yakni:

Seksi 1 (Binjai-Stabat) sepanjang 11,8 km.

Seksi 2 (Stabat-Tj. Pura) sepanjang 26,2 km.

Seksi 3 (Tj. Pura-P. Brandan) sepanjang 19, km.

Seksi 4 (P. Brandan-K. Simpang) sepanjang 45 km.

Seksi 5 (K. Simpang-Langsa) sepanjang 29 km.

Nantinya akan dilengkapi oleh lima buah Interchange (IC) atau Simpang Susun. Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang ±1.065 km dengan 534 Km ruas konstruksi dan 531 km ruas beroperasi.

Adapun ruas yang telah beroperasi secara penuh yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (141 km), Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189 km), Tol Palembang-Indralaya (22 km), Tol Medan Binjai (17 km), Tol Pekanbaru-Dumai (132 km), Tol Sigli-Banda Aceh seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km) dan seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14 km).