Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita bakal memindahkan pintu masuk barang impor ke wilayah Timur Indonesia. Setidaknya ada 7 komoditas yang akan dipindahkan pintu masuknya ke daerah Bitung hingga Sorong.

Agus menilai, rencana ini bakal disampaikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan ini. Tujuannya agar industri dalam negeri semakin kompetitif.

"Pintu masuknya kami pindahkan ke wilayah timur Indonesia. Tidak ada pengetatan, pintu masuknya kami pindahkan ke daerah Sorong, Bitung atau kami tambahkan ke Kupang," ujar Agus yang dikutip Selasa, 27 Agustus.

Selain itu, Agus juga berencana untuk mempermudah impor bahan baku industri tekstil. Dengan demikian, harganya bisa lebih terjangkau dan sektor tersebut kembali tumbuh.

"Kalau bahan baku itu prinsipnya memang harus dipermudah. Itulah yang nanti bisa membantu industri tekstil tumbuh kembali. Jadi kuncinya, barang-barang jadi, TPT, itu kami persulit masuk ke Indonesia. Bahan baku kami permudah masuk ke Indonesia," terangnya.

Dengan kebijakan ini, diharapkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang terjadi di dalam negeri, terutama untuk industri tekstil bisa ditekan.

Berikut daftar 7 komoditas impor yang bakal dipindahkan pintu masuknya:

1. Tekstil dan Produk Tekstil (TPT);

2. Pakaian Jadi;

3. Keramik;

4. Perangkat Elektronik;

5. Produk Kecantikan;

6. Barang Tekstil sudah jadi;

7. Alas kaki.