Bagikan:

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani memberikan pesan mengenai pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Dia bilang, selain membutuhkan perencanaan yang baik, juga diperlukan investasi untuk mendukung keberhasilan pembangunan.

Lebih lanjut, Puan bilang pembangunan IKN, di Kalimantan Timur menjadi agenda strategis ke depan. Karena itu, dia bilang keberhasilannya ditentukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan.

“Keberhasilan pembangunan Ibu Kota Negara, selain membutuhkan perencanaan dan manajemen sumber daya yang baik, skenario pembiayaan yang berkelanjutan, dukungan investasi, juga akan sangat ditentukan oleh dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan seluruh anak bangsa,” katanya dalam Sidang Tahunan MPR dan DPR RI, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jumat, 16 Agustus.

Menurut Puan, hal tersebut sangat penting agar selaras dalam memaknai Ibu Kota Negara sebagai agenda bersama dalam membangun ekonomi Indonesia masa depan.

“Dan juga momentum dalam melaksanakan paradigma pemerataan pembangunan nasional,” jelasnya.

Selain itu, Puan juga bilang sudah saatnya diperlukan kecermatan bagi para pemangku kepentingan dalam menetapkan prioritas, mengelola sumber pendanaan, serta kepemimpinan birokrasi yang handal, agar tercapainya tujuan pembangunan nasional ke depan.

“Inilah yang harus menjadi perhatian pemerintah ke depan,” tuturnya.

“Pekerjaan-pekerjaan yang selesai dilakukan akan lebih baik; daripada rencana-rencana besar yang hanya dibicarakan,” sambungnya.