Ketua DPR Puan Maharani Berharap Bandara Mopah di Merauke Dapat Permudah Akses Masyarakat
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap Terminal Baru Bandar Udara Mopah Merauke, Papua, yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo dapat semakin mempermudah akses masyarakat.

"Di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, kita tidak ingin ada daerah yang terisolasi atau sulit diakses,” kata Puan dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Senin 4 Oktober.

Dia berharap dengan perluasan terminal penumpang baru seluas 7.200 meter Bandara Mopah Merauke bisa mendatangkan sebanyak-banyaknya manfaat bagi rakyat, khususnya masyarakat Papua.

Menurut dia terminal baru Bandara Mopah Merauke harus semakin mempermudah akses transportasi masyarakat sehingga diharapkan orang semakin mudah datang ke Merauke untuk melihat indahnya wilayah ujung timur Indonesia tersebut.

Puan mengatakan setiap bagian dari wilayah Indonesia harus bisa terhubung baik secara darat, laut, maupun udara. Oleh karenanya dibutuhkan penguatan bandara-bandara di wilayah Tertinggal, Terdepan, Terluar, dan Perbatasan (3TP).

"Termasuk dengan penguatan Bandara Mopah Merauke melalui pembangunan terminal baru," ujarnya.

Menurut dia, masyarakat harus bisa membayangkan bahwa nantinya orang dari Sabang tidak akan bingung bagaimana jalur dan transportasi kalau ingin menjelajahi Merauke.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) itu menekankan pentingnya kemudahan akses dari satu daerah ke daerah lain di Indonesia karena Indonesia adalah negara kesatuan dengan banyak pulau.

Puan menilai terminal baru Bandara Mopah Merauke menunjukkan kemajuan Papua karena semakin banyaknya infrastruktur yang dibangun di Papua menunjukkan komitmen pemerintah untuk kemajuan daerah tersebut.

Menurut dia, Papua juga telah membuktikan mampu menjadi daerah maju, termasuk dengan keberhasilan menyelenggarakan PON XX.

Sebelumnya, Puan Maharani mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan Terminal Baru Bandar Udara Mopah Merauke, Papua, Minggu.

Peresmian ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Papua, tifa dan penandatangan prasasti oleh Presiden Jokowi.

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi juga didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Bupati Merauke Romanus Mbaraka.