Resmikan Terminal Baru Bandara Mopah di Merauke Papua, Jokowi: Manfaatkan Sebaik-baiknya
Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal baru Bandara Mopah, Merauke, Papua. Bandara ini disiapkan untuk mendukung penyelenggaraan PON dan Peparnas.

Dalam peresmian tersebut, Jokowi menyebut peningkatan kapasitas Bandara ini ditingkatkan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang. Karenanya, Jokowi meminta pemerintah daerah untuk memanfaatkan fasilitas ini dengan baik.

"Saya ingin berpesan pada gubernur terutama bupati merauke agar memanfaatkan bandara ini sebaik-baiknya dan mendorong lahirnya sentra-sentra ekonomi baru di Kabupaten Merauke dan sekitarnya," kata Jokowi seperti pada tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Minggu, 3 Oktober.

Jokowi juga berharap peningkatan fasilitas di Bandara Mopah dapat meningkatkan daya saing daerah dalam ekspor dan investasi, sehingga bisa bemanfaat dan meningkatkan kesejahtaraan masyarakat Merauke dan umumnya kemajuan tanah Papua.

Jokowi menuturkan, pembangunan infrastruktur seperti terminal baru Bandara Mopah ini perlu dilakukan untuk meningkatkan daya saing negara dalam persaingan global karena memudahkan mobilitas orang, barang, dan jasa.

"Itulah pentingnya infrastruktur. Sejak 7 tahun terakhir, kita terus membangun dan mengembangkan bandara, membangun pelabuhan untuk memperlancar konektivitas tol laut, serta membangun jalan di seluruh penjuru tanah air," tutur Jokowi.

Sebagai informasi, pembangunan terminal penumpang yang baru diresmikan ini memiliki luas 7.200 meter persegi dengan kapasitas 638 ribu penumpang per tahun. Ke depan, kapasitas terminal bandara ini terus ditingkatkan untuk mengantisipas peningkatan jumalh penumpang.