Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) tercatat sebagai satu dari 19 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang masuk dalam daftar 100 perusahaan berpendapatan terbesar di Indonesia versi Fortune Indonesia.

Sekadar informasi, pada tahun 2023 pendapatan KAI yaitu Rp35,106 triliun atau naik 37,25 persen dibanding tahun 2022 sebesar Rp25,577 triliun.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan kepada 19 BUMN yang salah satunya KAI. Dia bilang pihaknya akan terus meningkatkan produktivitas perusahaan.

“Capaian tersebut akan terus KAI jadikan semangat bertransformasi baik dari sisi pelayanan penumpang, barang, komersialisasi aset hingga kompetensi pegawai. KAI juga akan terus meningkatkan produktivitas dan kinerja sebagai perusahaan BUMN,” ucapnya dalam keterangan resmi, Kamis, 15 Agustus.

Anne menjelaskan, capaian tersebut akan terus diimbangi dengan komitmen menjalankan bisnis perusahaan dengan tetap menerapkan good corporate governance (GCG).

Ke depan, sambung Anne, pihaknya berharap peningkatan kinerja KAI akan semakin memberikan dampak bagi kemajuan dan peningkatan ekonomi di Indonesia.

“Dengan nilai-nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK). KAI akan terus bertransformasi menjadi BUMN yang mampu meningkatkan manfaat bagi masyarakat. KAI juga akan terus berupaya mewujudkan perkeretaapian di Indonesia sebagai solusi ekosistem transportasi terbaik bagi masyarakat,” ujar Anne.

Berikut daftar 19 perusahaan BUMN dengan pendapatan terbesar pada 2023 versi Fortune Indonesia 100, yaitu:

1. PT Pertamina

2. PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN

3. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI

4. PT Bank Mandiri Tbk

5. PT Telkom Indonesia Tbk

6. Mining Industry Indonesia atau MIND ID

7. PT Bank Negara Indonesia Tbk

8. PT Pupuk Indonesia

9. PT Garuda Indonesia Tbk

10. PT Semen Indonesia Tbk

11. PT Kereta Api Indonesia atau KAI

12. PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo

13. PT Bank Tabungan Negara Tbk atau BTN

14. PT Wijaya Karya Tbk

15. PT Krakatau Steel Tbk

16. PT Jasa Marga Tbk

17. PT Adhi Karya Tbk

18. PT PP

19. PT Waskita Karya