Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi terkonsolidasi pada perdagangan awal pekan ini, Senin 5 Agustus, menjelang rilis data Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia kuartal II 2024.

Phintraco Sekuritas dalam risetnya mengatakan IHSG ditutup melemah 0,24 persen ke level 7,308.12 pada perdagangan akhir pekan, 2 Agustus lalu. Secara teknikal, terdapat golden cross pada Stochastic RSI seiring dengan penyempitan negative slope pada MACD.

"Meskipun demikian, terbentuk pola bullish spinning top yang mengindikasikan adanya potensi konsolidasi pada pergerakan IHSG. Dengan demikian, IHSG diperkirakan akan konsolidasi di area 7.300-7.330 pada Senin," tulis riset Phintraco Sekuritas.

Pada perdagangan awal pekan ini, level resistance IHSG diprediksi di angka 7.380, sedangkan level pivot adalah 7.350 dan level support di angka 7.300.

Adapun pasar domestik menanti rilis data penting pertumbuhan PDB pada Senin yang diperkirakan masih berada di level 5 persen untuk kuartal II/2024 atau turun dari level 5,11 persen di kuartal I 2024. Sementara itu, secara kuartalan terdapat ekspektasi peningkatan PDB sebesar 3,71 persen atau menjadi peningkatan positif setelah mengalami penurunan 0,83 persen pada kuartal I 2024.

Menurutnya, meskipun angka proyeksi tersebut lebih rendah dari realisasi pertumbuhan ekonomi di kuartal I 2024, laju pertumbuhan ekonomi masih positif dan berada di kisaran level 5 persen kendati masih terdapat ketidakpastian dari perekonomian global.

Sementara itu dari sentimen global, Bursa Asia mayoritas melemah setelah terjadi aksi sell-off di Wall Street. Pelemahan terjadi menyusul rilis data ekonomi AS yang lemah.

Indeks manufaktur ISM pada Juli 2024 turun ke level 46,8 atau berada di zona kontraksi. Pelemahan tersebut menjadi pelemahan di sektor manufaktur selama bulan keempat berturut-turut dan mengindikasikan perlambatan pada perekonomian AS.

Kondisi tersebut berdampak terhadap investor yang melakukan aksi jual dan beralih ke instrumen investasi yang relatif lebih aman atau safe haven.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan saham-saham yang dapat diperhatikan hari ini, di antaranya ADMR, HRUM, PTBA, MAPI, BBTN, dan EXCL.