Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,39 persen atau 27,23 poin ke angka 6.974,90 pada perdagangan Kamis 6 Juni. Analis pun memprediksi IHSG bakal kembali menguat dan menembus level 7.000 pada hari ini, Jumat 7 Juni.

Phintraco Sekuritas, dalam risetnya menyebut, saham-saham bank menjadi penggerak utama rebound IHSG pada Kamis. IHSG berpeluang melanjutkan penguatan ke atas level psikologis 7.000 pada Jumat ini seiring dengan beberapa sentimen positif.

Penguatan yang terjadi pada saham-saham perbankan sejalan dengan penguatan nilai tukar rupiah ke angka Rp16.255 per dolar AS atau menguat sebesar 0,15 persen pada Kamis sore. Apresiasi rupiah ini dipicu atas antisipasi pemangkasan suku bunga oleh European Central Bank (ECB) sebesar 25 basis point (bps) serta perubahan pandangan terhadap arah kebijakan the Fed.

"Berdasarkan jajak pendapat oleh CME FedWatch Tools pada Kamis, peluang pemangkasan the Fed Rate di September 2024 masih bertahan di atas 55 persen," jelas riset Phintraco Sekuritas.

Berdasarkan sentimen di atas, nilai tukar rupiah berpeluang melanjutkan penguatan di Jumat. Dengan demikian, saham bank, terutama bank-bank berkapitalisasi besar (BBCA, BBNI, BBRI, dan BMRI) dapat kembali diperhatikan

Di samping saham-saham bank, menurut Phintraco Sekuritas, pelaku pasar dapat memperhatikan peluang rebound lanjutan pada saham ULTJ, INTP, dan NCKL di perdagangan akhir pekan ini.