Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku, dirinya akan bertemu dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas di kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada esok hari, Jumat, 19 Juli.

Menperin Agus menyebut, pertemuan tersebut untuk membahas pembentukan satuan tugas atau satgas pemberantasan barang-barang impor ilegal yang masuk ke Indonesia.

"Bocoran saja kepada teman-teman wartawan, besok saya akan ketemu beliau Pak Mendag (Zulkifli Hasan) jam 10.00 WIB pagi," ujar Agus saat ditemui di Gedung PIDI, Jakarta, Kamis, 18 Juli.

Pada prinsipnya, Agus menyebut bahwa pihaknya mendukung pembentukan satgas tersebut. Namun, katanya, yang perlu digarisbawahi adalah bagaimana penegakan hukum untuk memberantas barang-barang impor ilegal itu benar-benar dilakukan.

"Kami mendukung beliau (Mendag Zulhas) untuk membentuk satgas pemberantasan barang-barang ilegal yang masuk ke Indonesia. Kami menekankan dalam kerja tim nanti adalah bagaimana kami melakukan penegakan hukum. Jadi, jangan mandul penegakan hukumnya," kata dia.

"Boleh digarisbawahi jangan mandul di penegakan hukumnya, padahal regulasinya sudah baik," sambungnya.

Menurutnya, pertemuan dengan Mendag Zulhas akan mencari solusi agar kinerja industri manufaktur di Tanah Air tetap terjaga.

"Mendag itu, kan, senior saya. Jadi, saya tidak ada masalah untuk senior dan teman dekat. Kepentingan kami adalah mencari solusi agar industri manufaktur kami bisa terjaga," imbuhnya.

Sebelumnya, Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa satuan tugas (satgas) untuk mengatasi barang impor ilegal akan dibentuk pekan ini, tepatnya pada Jumat, 19 Juli.

Zulhas mengatakan, dirinya juga sudah melakukan pertemuan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk membahas rencana pembentukan satgas impor ilegal tersebut.

"Mungkin mudah-mudahan Jumat besok Satgas sudah terbentuk," kata Zulhas saat memberikan sambutan di acara launching Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025 yang digelar di auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu, 17 Juli.

Oleh karena itu, Zulhas mengingatkan kepada para oknum yang masih melakukan aktivitas jual beli barang ilegal agar berhenti.

"Hati-hati yang ilegal-ilegal, dagang-dagang barang impor enggak jelas, hati-hati. Minggu-minggu ini kami akan terjang semua. Saya sudah ada tim nanti dari kepolisian, kejaksaan, pelaku usaha dan seterusnya," tuturnya.