Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita telah bertemu dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan untuk membahas pembentukan satuan tugas atau satgas pemberantasan barang-barang impor ilegal yang masuk ke Indonesia.

Menperin Agus menyebut, dalam pertemuan tersebut, dia bersama Mendag Zulhas sepakat untuk mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait adanya pengalihan pintu masuk atau entry point.

Agus berharap, ke depannya pintu masuk barang-barang tersebut berada di Sorong, Papua Barat atau Belitung, Bangka Belitung, sebelum masuk ke Pulau Jawa.

"Yang kami sepakati berdua bersama tim teknis akan membahas dan mengusulkan kepada presiden terkait pengalihan entry poin untuk barang-barang dari tujuh komoditas yang sudah ditetapkan," ujar Agus saat ditemui di kantornya, Jumat, 19 Juli.

"Dan kami berencana memberikan usulan lain semoga ada policy untuk barang-barang tersebut saat masuk ke Indonesia, pintu masuk atau entry poin sebelum ke Jawa itu ada di Sorong atau Belitung," tambahnya.

Menurutnya, hal tersebut akan memberikan nilai positif lantaran adanya pembentukan sentra kegiatan ekonomi baru yang perkembangannya dimulai dari pelabuhan dan ke kota yang lebih maju.

"Tentu nanti akan ada pertanyaan apakah infrastruktur siap, manusianya siap. Jadi, tidak boleh ada alasan tidak siap. Mungkin nanti yang akan menjawab kesiapan infrastruktur dan manusia itu berada di bawah tugas bea cukai," katanya.

Dia memandang, salah satu efeknya itu adalah bisa menumbuhkan industri pelayaran nasional.

"Dua kesepakatan itu yang tadi kami capai. Saya kira itu untuk awal merupakan hal yang baik dan positif. Kami pemerintah jelas dimana dia kementerian yang membina satu industri, itu satu visi dalam melindungi industri dalam negeri," imbuhnya.

Sebelumnya, Mendag Zulkifli Hasan menerima kedatangan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, hari ini, Jumat, 19 Juli.

Kedatangan Agus ke Kemendag juga bertepatan dengan ramainya isu seputar Peraturan Menteri Perdagangan atau Permendag Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

Agus mengaku telah melakukan pertemuan terbatas dengan Mendag Zulhas.

Pertemuan tersebut membahas mengenai upaya pemerintah mendukung industri manufaktur di Indonesia.

"Banyak sekali hal yang dibahas antara kami berdua. Alhamdulillah sebagai bagian dari pemerintah, kami melihat sama-sama pentingnya mendukung industri manufaktur di Indonesia sebagai penopang dan kekuatan ekonomi bangsa," ujar Menperin Agus.

"Kami berdua tadi melalukan diskusi yang cukup dalam dengan suasana yang hangat," pungkasnya.