Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bekerja sama dengan PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) membuat program pendidikan vokasi di Politeknik ATI Makassar, Sulawesi Selatan, guna menghasilkan sumber daya manusia (SDM) industri berkualitas, khususnya di wilayah timur Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Masrokhan mengatakan, pada tahun ini program tersebut diikuti 30 peserta yang seluruhnya berasal dari berbagai wilayah timur, yakni Bontang, Fakfak Papua Barat, Ternate dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Program ini merupakan wujud nyata yang dilakukan Kemenperin dalam menyiapkan SDM industri andal dan terampil sesuai dengan kebutuhan industri saat ini," kata Kepala BPSDMI Masrokhan dalam keterangan resminya, Senin, 3 Juni.

Masrokhan menilai, dalam program setara diploma satu (D1) tersebut peserta didik mendapatkan materi terkait pengembangan industri dengan komposisi yang saling berkaitan (link and match) sesuai dengan kebutuhan perindustrian di Indonesia.

Selain teori, peserta didik juga mendapatkan praktik dunia industri di PT Pupuk Kaltim serta menerima Sertifikat Praktik Kerja Industri (Prakerin) dari perusahaan tersebut sebagai bentuk pengakuan telah mengikuti pendidikan selama waktu yang ditentukan.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Umum PT Pupuk Kaltim Qomaruzzaman mengatakan, program setara D1 itu memberikan kesempatan bagu putra-putri terbaik Indonesia, khususnya dari kawasan Timur Indonesia untuk mendapatkan pembekalan secara teori dan praktik di dunia industri.

"Merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami, karena telah menjadi wadah untuk rekan-rekan semua mengasah keahlian dan melahirkan SDM yang unggul di bidang teknik pengelasan," ucapnya.

Diketahui, sektor industri merupakan penggerak utama pembangunan ekonomi nasional. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah menyiapkan SDM unggul melalui pendidikan dan pelatihan vokasi.

Dengan demikian, nantinya bisa berkontribusi besar untuk pengembangan industri nasional, mulai dari wilayah barat hingga ke timur Indonesia.