Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 10 ruas jalan di Provinsi Riau yang dilaksanakan melalui Inpres Jalan Daerah (IJD), Jumat, 31 Mei.

"Untuk inpres jalan daerah di Riau telah selesai dibangun dan diperbaiki 10 ruas jalan sepanjang 63 kilometer (km) dan menghabiskan anggaran sebesar Rp369 miliar," kata Jokowi.

Adapun 10 ruas jalan daerah di 8 kabupaten/kota Riau yang ditangani melalui IJD tahun anggaran 2023, yaitu ruas Teluk Piyai (Kubu)-Bts Sumut di Kabupaten Rokan Hilir, Simpang Batang-Lubuk Gaung di Kota Dumai, Batu Panjang-Pangkalan Nyirih di Kabupaten Bengkalis, Lingkar Ujung Batu-Rokan di Kabupaten Rokan Hulu, Simpang Pemda-Pelabuhan Pelindo di Kabupaten Siak.

Kemudian, Simpang Bunut-Teluk Meranti, Ukui-Kapou, Simpang 2-Lubuk Kembang Bunga di Kabupaten Pelalawan, Baserah-Perhentian Luas di Kabupaten Kuantan Singingi dan Lipat Kain-Batas Sumbar di Kota Kampar.

Sementara itu, Kepala Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau Yohanis Tulak Todingrara menjelaskan, kondisi jalan daerah di Riau dulu beragam, ada yang masih berupa jalan tanah dan sudah perkerasan tapi mengalami kerusakan.

"Kami tangani kembali semuanya, ada yang diaspal dan menggunakan rigid beton. Semuanya tentu untuk mendukung konektivitas, sehingga dapat mengurangi beban biaya logistik untuk distribusi hasil pertanian dan perkebunan yang dihasilkan masyarakat Riau," ujarnya.

Diketahui, program Inpres Jalan Daerah masih akan berjalan tahun ini. Adapun pemerintah pusat menyiapkan total Rp15 triliun untuk perbaikan jalan daerah di seluruh provinsi.