Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan Koto Kampar di Riau.

Pembangunan jalan tol itu menelan anggaran Rp4,8 triliun.

"Alhamdulillah, hari ini Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1, yaitu Bangkinang-Koto Kampar telah selesai. Dengan panjang 24,7 kilometer (km) yang kami bangun sejak 2019-2024, menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun telah selesai dan bisa digunakan," kata Jokowi dalam peresmian seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, pada Jumat, 31 Mei.

Jokowi menyebut, tol tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Dia berharap, jalan tol itu terus bersambung.

"Jalan tol ini merupakan bagian sirip dari Jalan Tol Trans Sumatera yang kami harapkan akan terus tersambung tahun ke tahun, dari Pekanbaru sampai Kota Padang. Sehingga, mobilitas barang lebih cepat lagi dan kami bisa bersaing dengan negara-negara lainnya," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga meresmikan perbaikan jalan daerah di Riau. Inpres jalan daerah sepanjang 63 km tersebut menghabiskan total anggaran sebesar Rp369 miliar.

"Kedua berkaitan dengan jalan daerah di Provinsi Riau telah dibangun dan diperbaiki 10 ruas jalan sepanjang 63 km dan menghabiskan anggaran Rp369 miliar juga selesai," tuturnya.

Dia meminta kepala daerah setempat untuk membuat jalan inpres daerah itu tersambung dengan kawasan produktif.

Dengan demikian, perbaikan itu akan membawa manfaat bagi mobilitas orang dan barang.

"Saya hanya titip kepada gubernur, bupati dan wali kota yang hadir agar jalan tol yang telah selesai ini direncanakan, didesain untuk disambungkan ke kawasan-kawasan produktif, kawasan pertanian, kawasan perkebunan, kawasan pariwisata. Sehingga, betul-betul ada manfaatnya bagi rakyat untuk pertumbuhan ekonomi daerah dan juga mobilitas orang serta barang bisa lebih cepat. Sehingga, kami bisa bersaing dengan negara lain di dunia," imbuhnya.