Bagikan:

DENPASAR - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut, bakal segera melaporkan usulan dirinya untuk membentuk lembaga air kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut diungkapkan AHY usai menjadi pembicara dalam agenda World Water Foum (WWF) ke-10 di Bali, pada hari ini.

"Iya memang dalam sambutan di forum (WWF) tadi saya sampaikan ada satu gagasan pandangan. Artinya, kami berharap ada sebuah badan yang khusus menangani air," ujar AHY di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Rabu, 22 Mei.

"Kami tidak punya kewenangan secara langsung, tetapi tentu saya akan melaporkan sekaligus juga memberikan masukan-masukan sebagai pembantu presiden," sambungnya.

AHY menilai, hal ini bukan merupakan yang pertama kali. Sebab, sudah ada negara yang lebih dahulu mendirikan institusi tersebut.

Sehingga memiliki kewenangan otoritas dan kapasitas untuk mengelola air secara komprehensif.

"Termasuk tata ruang dan lahan yang dikoordinasikan dengan berbagai kementerian, termasuk regulasinya disiapkan dengan baik. Kolaborasi/kerja samanya dengan pemerintah daerah ini menjadi ketentuan," katanya.

Menurutnya, usulan mengenai lembaga air atau badan air nasional ini diharapkan bisa jadi wadah besar bagi penataan manajemen air dalam menghadapi krisis air yang berpotensi terjadi di masa mendatang.

"Dan kalau tidak ada badan khusus yang menangani, menurut saya akan terus menjadi tantangan bersama," tuturnya.

Senada dengan AHY, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyebut usulan ini merupakan hal baik untuk disampaikan kepada Presiden.

Sebab, diperkirakan tantangan dunia ke depannya itu meliputi tiga aspek, yakni energi, ketahanan pangan dan air.

"Ini, kan, baru sebatas ide yang disampaikan Pak AHY maupun kami. Dan Kemendagri, apapun kebijakan yang diambil dari presiden atau presiden terpilih nanti, kami akan tentu mendukung," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengusulkan pemerintah pusat untuk membentuk lembaga air.

AHY menyebut, pembentukan lembaga air ini untuk mewujudkan kesejahteraan serta aktivitas yang adil dan berkelanjutan, khususnya dalam pengelolaan air.

"Pemerintah pusat atau nasional harus membentuk suatu lembaga yang memiliki kewenangan dan kapasitas untuk mengintegrasikan dan sinkronisasikan seluruh kebijakan strategis dan aksi terkait dengan pengelolaan air," ujar AHY dalam sambutannya di World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali Nusa Dua Convention Centre, Rabu, 22 Mei.